Usulan LRT Hingga Bandara Soetta, Pengamat Nilai Tidak Efisien

Thecocopost.id-JAKARTA, INDONESIA. Presiden Joko Widodo mengusulkan pembangunan jalur Lintas Rel Terpadu (LRT) hingga ke Bandara Internasional Soekarno Hatta. Rencana tersebut dinilai pengamat sebagai hal yang mubazir.

Pengamat menilai, pembangunan tersebut akan menyebabkan inefisiensi karena sudah ada moda transportasi serupa. Saat ini memang sudah ada Kereta Api (KA) Bandara yang dioperasikan oleh anak usaha PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT Railink.

“Mubazir, di mana-mana kereta menuju bandara itu cuma satu kereta nggak banyak. Lagian kan sudah ada kereta bandara,” kata Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno, seperti dikutip oleh Detik.com.

Djoko menyarankan kepada pemerintah, sebaiknya mengoptimalkan KA Bandara yang sudah ada saat ini terlebih dahulu. Mengingat, saat ini KA Bandara masih relatif sepi okupansinya.

“Lebih mujarab maksimalkan kereta bandara. Artinya kereta bandara yang sudah ada belum optimal masih banyak ruang penumpang,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengusulkan pembangunan jalur LRT hingga Bandara Soekarno Hatta. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk mendukung target pemerintah membangun terminal 4 di bandara tersebut.

(ldr)


Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

%d blogger menyukai ini: