Uji Coba Jalur KA Cibatu-Wanaraja

Thecocopost.id-GARUT, INDONESIA. Operator kereta api (KA) milik negara, PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI) menguji coba jalur antara Stasiun Cibatu-Wanaraja. Uji coba ini dilakukan pada Kamis (3/10/2019) untuk mengetahui kesiapan jalur tersebut sebelum resmi dioperasikan pada awal tahun depan.

Dari Stasiun Cibatu, Edi Sukmoro, Direktur Utama (Dirut) PT KAI bersama jajarannya melakukan uji coba secara langsung menggunakan lokomotif seri CC 201 (GEU18C) berkecepatan 10 km/jam. Uji coba tersebut dilakukan hingga Stasiun Wanaraja dengan menempuh jarak sekitar 9,2 km. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, seluruhnya berjalan dengan lancar.

Jalur KA Cibatu-Wanaraja merupakan jalur yang baru dihidupkan kembali. Pasalnya, sejak 1983 atau sekitar 36 tahun yang lalu, jalur ini tidak lagi difungsikan. Untuk memenuhi kebutuhan transportasi bagi masyarakat, pemerintah kembali menghidupkan jalur tersebut.

Pengerjaan jalur KA hingga saat ini baru sampai Stasiun Wanaraja. Tahap berikutnya, pengerjaan akan dilanjutkan hingga Stasiun Garut. Proses pengerjaan ini ditargetkan selesai di akhir tahun 2019. Awal tahun 2020, masyarakat diharapkan dapat menikmati perjalanan dari Garut ke Bandung.

Pada kesempatan yang sama Dirut PT KAI juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang mendukung proses reaktivasi jalur tersebut. Dia juga berharap, dengan adanya transportasi KA, masyarakat dapat lebih mudah bepergian menuju kota besar, sehingga dapat meningkatkan perekonomian.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: