Train Accident Radar: 24 Agustus 2019

Kecelakaan yang melibatkan kereta api (KA) dengan kendaraan bermotor kembali terjadi. Per hari Sabtu, (24/8/2019), The Coco Post Indonesia mencatat ada dua kejadian. Jumlah kejadian ini bisa saja lebih banyak dari catatan karena keterbatasan dalam pencarian informasi kecelakaan ini. Berikut adalah kejadian kecelakaan kereta api update 24 Agustus 2019 yang berhasil dikumpulkan oleh The Coco Post Indonesia.

1. Siswa SMK Tewas Tertabrak KRL di Bogor

Thecocopost.id-BOGOR, INDONESIA. Seorang siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tri Dharma 2 Kota Bogor tewas setelah tertabrak Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line di Kedung Halang Wasel, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Korban yang diketahui bernama Ruli Ramadhan tersebut tertabrak KRL ketika melalui perlintasan tak berpintu.

Berdasarkan keterangan AKP Ade Syamsu Syarif, Kapolsek Tanah Sareal, peristiwa ini terjadi pada pukul 15.00 WIB hari Jumat (23/8/2019) lalu. Korban saat itu baru saja pulang dari rumah temannya dan melintasi perlintasan tak berpintu dengan mengendarai motor.

Ketika melintasi perlintasan, KRL Commuter Line dari arah Bogor menuju Jakarta langsung menabrak korban. Korban terpental puluhan meter bersamaan motor yang ditumpanginya. Korban tewas di lokasi kejadian dan motor yang ditumpanginya rusak berat.

Warga sekitar yang mengetahui kejadian ini melaporkan ke pihak kepolisian. Petugas kepolisian yang datang seger melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mengumpulkan keterangan dari para saksi.

Korban dievakuasi ke Rumah Sakit (RS) Karya Bakti untuk dilakukan visum dan kemudian diserahkan ke pihak keluarga.

(ldr)

“Jadi korban ini habis main ke rumah temannya terus pulang naik motor. Kemudian korban itu lewat perlintasan kereta yang tidak ada palang pintunya.”

AKP Ade Syamsu Syarif, Kapolsek Tanah Sareal.
2. Kecelakaan Kereta dengan Mobil di Cilacap, Anggota TNI Tewas

Thecocopost.id-CILACAP, INDONESIA. Jumat (23/8/2019) pagi kira-kira pukul 01.00 WIB, kereta api (KA) barang Semen Holcim dengan lokomotif CC 206 13 06 dikabarkan menabrak mobil Toyota Avanza dengan nomor polisi R 9503 KK di perlintasan tak berpintu Desa Karangkandri, Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap.

Kronologi kejadian ini berawal dari mobil Toyota Avanza yang melaju dari arah selatan ke utara. Ketika tiba di perlintasan tak berpintu, KA barang Semen Holcim melintas dari arah barat menuju ke timur. Karena posisi sudah sangat dekat, kecelakaan pun tak terhindarkan.

Akibat kecelakaan ini, pengemudi Toyota Avanza yang diketahui bernama Wasto Haryo Susanto warga Desa Kuripan Kidul, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap mengalami luka berat. Korban luka kemudian dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilacap untuk mendapatkan perawatan intensif.

Sementara itu penumpang mobil tersebut, yang diketahui merupakan anggota TNI bernama Lettu Angga Pradipta meninggal dunia ketika dalam perjalanan ke RSUD Cilacap. Korban meninggal telah dimakamkan di rumah duka di Jalan Kantil No 32, Desa Kuripan, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap.

Untuk kondisi mobil yang ditumpangi, lampu bagian depan hancur dan roda sebelah kiri pecah.

Supriyanto, Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI) membenarkan adanya kecelakaan KA tersebut. Lebih rinci, dirinya menjelaskan bahwa kecelakaan berada di KM8+650 antara Stasiun Karangkandri dan Stasiun Kesugihan.

Berdasarkan keterangannya, masinis KA telah memberikan tanda berupa semboyan 35 atau klakson. Namun, pengemudi tidak mendengar, sehingga kecelakaan tak terhindarkan.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa di perlintasan tersebut ada sukarelawan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap yang menjaga. Namun, belum diketahui secara pasti pada saat kejadian apakah ada sukarelawan yang menjaga atau tidak.

(ldr)

“TKP berada di perlintasan rel tanpa palang pintu. Korban sudah dimakamkan semenjak pagi tadi.”

AKP Ahmad Nur Ari, Kasatlantas Polres Cilacap.

Segenap redaksi The Coco Post Indonesia turut berduka cita atas meninggalnya korban kecelakaan. Train Accident Radar ini merupakan segmen khusus The Coco Post Indonesia yang merangkum kejadian kecelakaan yang melibatkan kereta api. Tujuannya, untuk mengajak para pembaca untuk lebih berhati-hati ketika berada di jalur kereta api maupun ketika melewati perlintasan kereta api.

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: