Tips Berburu Tiket KA di H-1 Lebaran

Thecocopost.id-BANYUWANGI, INDONESIA. Satu hari menjelang Lebaran seperti sekarang ini biasanya tiket-tiket KA yang menuju tempat mudik anda sudah habis.

Tetapi, ternyata tidak demikian, anda tetap bisa mudik dengan moda transportasi kereta api (KA) meski sudah sangat mendekati hari raya.

Berikut adalah tips dari PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI) untuk anda yang akan mudik ke kampung halaman jelang lebaran, melansir Kompas.com.

Cari Rute Alternatif

Tips pertama, coba untuk cari rute alternatif.

Edy Kuswoyo, Vice President Relation PT KAI mengatakan untuk mencari rute alternatif yang bisa mencapai tujuan mudik anda.

“Cari alternatif tanggal dan rute KA. Misalnya, berangkat dari Bandung atau stasiun di kota lainnya,” katanya, seperti dikutip oleh Kompas.com.

Pertimbangkan Waktu Pemesanan

Traffic pencarian tiket biasanya penuh pada awal rilis.

“Coba untuk pesan pada pukul 1 dini hari. Pada beberapa kasus pelanggan berhasil memesan tiket pada menit-menit awal namun tidak melakukan pembayaran maksimal satu jam setelah pemesanan sehingga tiket hangus,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) V Purwokerto, Supriyanto, mengatakan masyarakat dapat terus memantau kanal penjualan tiket PT KAI seperti KAI Access.

“Kemungkinan ada pembatalan tiket bisa langsung dipesan,” katanya.

Sambung Rute

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyambung rute.

Misalnya jika anda mudik dari Jakarta menuju Surabaya, anda bisa menyambung rute yang dilalui.

“Misal rute Jakarta-Semarang, Semarang-Madiun, Madiun-Surabaya. Jadi 1 kereta dengan 3 tiket dan tempat duduknya berbeda,” kata Supriyanto.

Tetapi cara ini bisa dilakukan jika anda beruntung mendapatkan tiga rute yang berbeda dalam satu kereta.

Sambung Kereta

Jika cara sebelumnya tidak berhasil, anda bisa mencoba untuk sambung kereta.

Menurut Supriyanto, jika tiket menuju kota tujuan mudik sudah habis, calon penumpang bisa membeli tiket dengan cara transit dan menggunakan kereta yang berbeda.

Misalkan dari Jakarta menuju Surabaya menggunakan rute Jakarta-Semarang kemudian disambung rute Semarang-Surabaya.

“Perhatikan jam dan jadwalnya,” imbaunya.

Itulah beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi anda. Mungkin jika tidak pada mudik Lebaran tahun ini, tips ini bisa bermanfaat untuk mudik di tahun depan.

Berdasarkan data yang dimiliki PT KAI hingga Senin (3/6/2019), masih ada sisa tiket 12,1 persen atau 392.153 kursi selama masa angkutan Lebaran yang jatuh pada 26 Mei hingga 16 Juni.

Angka tersebut terbagi pada tiket KA reguler jarak jauh dan KA Tambahan Lebaran dan Ekstra.

Sisa tempat duduk tersebut dihitung dari stasiun awal pemberangkatan hingga stasiun akhir perjalanan kereta.

Sebagai informasi, hingga Senin (3/6/2019) siang, menurut data KAI Access, tiket KA H-1 rute Jakarta-Purwokerto masih tersedia.

KA Argo Dwipangga tersedia 2 kursi, KA Gajayana Lebaran tersisa 2 kursi, KA Senja Utama Yogyakarta dan KA Serayu masing-masing tersedia 1 kursi.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: