Tiga Hal Unik LRT Palembang, Sang Penunjang Asian Games 2018

Foto: LRT Palembang (Travelingyuk.com)

Thecocopost.id-Palembang. Menjelang perhelatan Asian Games 2018, pada 1 Agustus 2018 lalu moda transportasi kekinian yaitu Light Rail Transit (LRT) resmi dibuka untuk umum. Alat transportasi ringan ini awalnya bertujuan untuk mengurai kemacetan yang ada di Kota Palembang dan sebagai moda transportasi yang menunjang Asian Games 2018. Untuk anda yang belum pernah mencoba alat transportasi ini, ada baiknya melihat hal-hal yang unik dari LRT Palembang ini terlebih dahulu.

1. Fitur yang canggih

LRT Palembang didukung oleh fitur yang canggih. Berbeda dengan KRL Jabodetabek yang terkadang masih membuat penumpang kehilangan keseimbangan saat kereta melakukan pengereman, LRT Palembang relatif lebih mulus ketika proses pengereman.

Berdasarkan keterangan dari Dirjen Perkeretaapian, Zulkifli, LRT Palembang ini memiliki alat pemantau kecepatan yang disebut automatic train protection (ATP). Dengan adanya alat ini, LRT Palembang tidak akan melebihi kecepatan operasional yang ditentukan. Jika melebihi batas kecepatan, maka secara otomatis alat ini akan mengurangi kecepatan kereta.

2. Tarif yang terjangkau

Tarif yang ditetapkan pemerintah untuk moda  transportasi LRT ini terbilang sangat terjangkau. Masyarakat hanya perlu merogoh Rp5.000,00 untuk jarak dekat dan Rp10.000,00 untuk tujuan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Tarif ini berbeda jika dibandingkan dengan moda transportasi lainnya yang bisa mencapai 10 kali lipat dengan jarak yang sama.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi juga mengatakan, untuk atlit, official, dan media yang terkait dengan kegiatan Asian Games 2018 bisa menggunakan LRT ini tanpa dipungut biaya.

3. Efisiensi waktu

Hal unik yang terakhir dari LRT Palembang ini adalah efisiensi waktu. Pengguna LRT bisa memprediksi waktu tempuhnya karena alat transportasi yang satu ini bebas dari kemacetan. Sehingga waktu yang ditempuh untuk menuju tempat tujuan bisa lebih cepat.

Itu tadi adalah tiga hal unik dari alat transportasi LRT Palembang. Mungkin ada beberapa dari anda ingin mencobanya? (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: