Tentang Kami

The Coco Post Indonesia Selayang Pandang

The Coco Post Indonesia (www.thecocopost.id) adalah website pribadi yang dibentuk sebagai wadah belajar menulis bagi siapapun yang memiliki minat untuk menulis namun masih kesusahan mempublikasikan di media lain. Website ini berdiri pada tanggal 1 April 2018 di Kota Malang.

Sejarah The Coco Post Indonesia

The Coco Post Indonesia dibentuk awal mula oleh Lugas Destra Rumpakaadi, Mahasiswa Program Studi S1 Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya di Kota Malang sebagai media menulis yang terbuka untuk umum. Ide dan gagasan ini kemudian diwujudkan dalam bentuk sebuah website.

Pada 1 April 2018, The Coco Post Indonesia memulai penayangan website perdananya dengan menggunakan jasa penyedia web hosting dan web domain asal Indonesia. Saat itu, nama website sudah diberikan, yakni “The Coco Post” yang terinspirasi dari salah satu media berbahasa Inggris di Indonesia, The Jakarta Post. Sedangkan untuk pemilihan nama Coco, diambil dari nama panggilan pendiri website yang diberikan oleh adik sepupu pendiri website. Per 30 Januari 2019, “The Coco Post” resmi mengubah namanya menjadi “The Coco Post Indonesia”.

Untuk domain yang digunakan oleh The Coco Post Indonesia adalah “.id” yang menunjukkan bahwa The Coco Post Indonesia adalah website yang berasal dari Indonesia. Kemudian, untuk tagline The Coco Post Indonesia adalah “An Indonesia Railfans Media” yang menunjukkan bahwa The Coco Post adalah website yang didirikan oleh seorang Railfans (penggemar moda transportasi kereta api).

Pada 8 April 2018, The Coco Post Indonesia memulai postingan perdananya. Hari itu bertepatan dengan kejadian Peristiwa Luar Biasa Hebat (PLH) Kereta Api Sancaka di Ngawi. Sehingga, postingan perdana The Coco Post Indonesia saat itu membahas kejadian luar biasa tersebut.

Semenjak postingan perdananya, The Coco Post Indonesia terus melakukan banyak pembenahan terutama di gaya bahasa penulisan, tampilan website, hingga penataan kategori-kategori posting yang ada di website. Sehingga, akan memudahkan pembaca dalam mencari pos-pos yang sesuai.

Visi The Coco Post Indonesia

Menjadi media menulis yang terbuka bagi siapapun.

Misi The Coco Post Indonesia

  • Menyediakan tempat seluas-luasnya kepada siapapun untuk menulis.
  • Memberikan informasi secara baik dan benar tanpa menampilkan unsur kebohongan, ujaran kebencian dan isu SARA.