Stasiun Nagreg, Stasiun Tertinggi di Pulau Jawa

Thecocopost.id-Nagreg. Stasiun kereta api adalah salah satu bangunan yang diperuntukkan kereta api untuk berhenti dan melakukan kegiatan naik turun penumpang. Masing-masing dari stasiun kereta api memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri. Salah satu yang unik di Pulau Jawa adalah Stasiun Nagreg.

Stasiun Nagreg (kode stasiun NG) adalah stasiun kereta api yang terletak di Nagreg, Kabupaten Bandung. Stasiun ini diklasifikasikan sebagai stasiun kelas III/kecil. Stasiun ini hanya memiliki dua jalur kereta api yaitu jalur 1 yang merupakan sepur lurus dan jalur 2 sebagai sepur belok.

Stasiun Nagreg melayani beberapa beberapa kereta api baik kereta api lokal yang melayani naik turun penumpang maupun kereta kelas atas yang hanya berhenti untuk persilangan. Beberapa kereta api yang berhenti di stasiun ini adalah Kereta Api Lokal Bandung Raya, Kereta Api Lokal Cibatu, dan Kereta ApiĀ  Pasundan yang melintas langsung.

Keunikan dari Stasiun Nagreg adalah letaknya yang berada di titik tertinggi stasiun kereta api yang ada di Pulau Jawa. Ketinggian di stasiun ini adalah 848 mdpl. Selain itu, graduen medan di sisi barat dan timur stasiun ini juga tergolong curam yaitu mencapai 15 permil (sisi barat) dan 5-11 permil (sisi timur). (ldr)

Foto: Kereta Api melintas di Stasiun Nagreg (oleh id.wikipedia.org)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: