Stasiun Malang Baru Ditarget Selesai Sebelum Lebaran Tahun Ini

Lugas Rumpakaadi

MALANG (INDONESIA), Thecocopost.id-Pembangunan Stasiun Malang yang baru ditargetkan selesai sebelum Lebaran tahun 2020. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Stasiun Malang Iful Siswanto.

Stasiun Malang saat ini sedang melakukan proses pembangunan stasiun baru di sisi timur, atau tepatnya di Jalan Sudirman. Pembangunan itu dilakukan untuk meningkatkan kapasitas stasiun dan mengurai kepadatan kendaraan di bangunan lama yang terletak di Jalan Trunojoyo.

Setelah bangunan stasiun yang baru difungsikan, pemberhentian KA juga akan dibagi dua, konsepnya sama seperti Stasiun Surabaya Gubeng. KA lokal akan dilayani pemberhentiannya di bangunan lama, sementara KA jarak jauh akan dilayani pemberhentiannya di bangunan baru.

Proses pembangunan Stasiun Malang telah dilakukan sejak Selasa (24/9/2019) lalu dan menelan biaya sekitar Rp54 miliar. Bangunan stasiun yang baru memiliki luas sekitar 2.086 meter persegi, lebih luas dari bangunan stasiun lama.

Stasiun Malang yang baru diketahui mengadopsi bentuk bangunan yang terinspirasi bentuk Gunung Putri Tidur yang terletak di sisi barat Kota Malang. Konsep ramah lingkungan juga diaplikasikan pada bangunan stasiun yang baru. Kedua bangunan stasiun akan dihubungkan dengan skybridge.

Hingga saat ini, masih belum ada keterangan pasti mengenai berapa persen progres pembangunan Stasiun Malang yang baru. Pantauan The Coco Post Indonesia di lokasi, wilayah konstruksi masih tertutup. Iful sendiri juga belum bisa memastikan pada bulan apa pembangunan stasiun itu akan selesai.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: