Stasiun Butuh, Stasiun KA Bernama Unik di Purworejo

Foto: Stasiun Butuh (oleh id.wikipedia.org)

Thecocopost.id-Kabupaten Purworejo. Stasiun kereta api adalah tempat pemberhentian kereta api. Umumnya kereta api berhenti di stasiun untuk kegiatan menaikkan dan menurunkan penumpang.

Di masing-masing stasiun kereta api juga memiliki ciri khasnya seperti Stasiun Nagreg di Kabupaten Bandung yang merupakan stasiun tertinggi di Pulau Jawa. Namun, ada juga ternyata stasiun kereta api yang memiliki nama unik. Salah satunya Stasiun Butuh (kode: BTH) yang terletak di Kabupaten Purworejo.

Sama seperti Stasiun Nagreg, Stasiun Butuh adalah stasiun kereta api kelas III/kecil. Stasiun ini terletak di Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo. Stasiun ini berada di ketinggian 10 mdpl dan merupakan bagian dari Daop V Purwokerto.

Stasiun Butuh juga merupakan stasiun KA paling barat di Kabupaten Purworejo. Letaknya tepat di belakang Pasar Butuh dan diperkirakan hanya berjarak 50 m dari Jalan Raya Prembun-Kutoarjo.

Sebagai stasiun kelas III/kecil, Stasiun Butuh tidak melayani naik turun penumpang seperti halnya stasiun besar. Namun, bisa digunakan sebagai tempat persilangan maupun menyusul. Stasiun ini memiliki dua jalur dengan jalur dua sebagai sepur lurus.

Suasana di sekitar stasiun ini bersih dan asri. Tempat parkir yang disediakan pun juga relatif luas dan nyaman untuk kendaraan roda empat dan roda dua.

Beberapa KA yang berhenti di Stasiun Butuh mengacu pada GAPEKA Revisi 28 September 2018 adalah:

1. KA 91 Malabar (Malang-Bandung) bersilang dengan KA 42 Gajayana (Gambir-Malang) yang melintas langsung.

2. KA 182 Kahuripan (Kiaracondong-Blitar) bersilang dengan KA 114/111 Mutiara Selatan (Malang-Bandung) yang melintas langsung.

3. KA 186 Progo (Pasar Senen-Lempuyangan) bersilang dengan KA 2732/2729 Semen Holcim (tujuan Cilacap) yang melintas langsung.

4. KA 155 Singasari (Blitar-Pasar Senen) bersilang dengan KA 80 Lodaya (Bandung-Solo Balapan) yang melintas langsung.

6. KA 173 Gaya Baru Malam Selatan (Surabaya Gubeng-Pasar Senen) bersilang dengan KA 184 Bengawan (Pasar Senen-Purwosari) yang melintas langsung.

7. KA 10592 Wijaya Kusuma (Cilacap-Solo Balapan) bersilang dengan KA 191 Kutojaya Utara (Kutoarjo-Pasar Senen) yang melintas langsung.

8. KA 153 Gajah Wong (Lempuyangan-Pasar Senen) bersilang dengan KA 148 Jaka Tingkir (Pasar Senen-Purwosari) yang melintas langsung.

9. KA 156 Singasari (Pasar Senen-Blitar) bersilang dengan KA 147 Jaka Tingkir (Purwosari-Pasar Senen) yang melintas langsung.

10. KA 92 Malabar (Bandung-Malang) dengan KA 46/43 Bima (Malang-Gambir) yang melintas langsung.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: