Sepi Penumpang, KA Palembang-Prabumulih Masih Beroperasi

Suasana keberangkatan penumpang KA tujuan Lubuk Linggau yang tampak lengang di Stasiun Kereta Api Kertapati Palembang, Senin (5/8/2013). (Sripoku.com)

Thecocopost.id-PALEMBANG. Resmi dibuka pada 17 September 2018 lalu, kereta api (KA) Palembang-Prabumulih masih sepi penumpang. Bahkan, dalam beberapa kesempatan tidak ada penumpang sama sekali yang menggunakan KA ini, meskipun pengoperasian KA ini menurut PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI) sesuai dengan permintaan masyarakat.

1. Perjalanan KA Palembang-Prabumulih
Kereta api Prabu Jaya. (Sripoku.com)

KA Palembang-Prabumulih PP resmi dioperasikan sejak 17 September 2018 lalu. Perjalanan KA ini dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas bisnis dengan tarif Rp35.000,00 dan kelas eksekutif dengan tarif Rp40.000,00 dengan waktu tempuh sekitar 75 menit.

Waktu pengoperasian KA ini ada 2 kali dalam sehari, berangkat dari Palembang pukul 6.20 WIB dan tiba di Prabumulih pukul 10.21 WIB dengan formasi 4 kereta eksekutif dan 3 kereta bisnis.

2. Minat penumpang untuk menggunakan KA Palembang-Prabumulih masih sedikit
Ilustrasi. (Elogistik.id)

Akan tetapi, meskipun sudah disediakan fasilitas perjalanan tersebut, minat masyarakat untuk menggunakan KA ini masih tergolong sepi.

Menurut keterangan Wakil Kepala Stasiun Kertapati Johongg, di hari-hari biasa, penumpangnya hanya 6 orang bahkan beberapa kali kosong, sementara pada saat akhir pekan (weekend) penumpangnya hanya 24 orang.

Meski demikian, PT KAI tetap mengoperasikan KA ini.

3. PT KAI sudah melakukan sosialisasi
Ilustrasi. (Metrotvnews.com)

Pihak PT KAI sudah melakukan berbagai sosialisasi dan publikasi baik secara online maupun offline seperti di keramaian untuk memperkenalkan KA ini.

Dari kegiatan itu, PT KAI berharap masyarakat menggunakan KA yang telah disediakan tersebut karena adanya KA tersebut menurut PT KAI sesuai dengan permintaan masyarakat sendiri.

4. Fasilitas KA sesuai keinginan penumpang
Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM bersama EVP Divre IIl Palembang, Hendy Helmy ketika meresmikan KA Prabujaya, Selasa (2/10/2018). (TribunSumsel.com)

Meskipun masih sepi peminat, fasilitas KA ini sudah sesuai dengan keinginan penumpang.

Salah satu penumpang bernama Santo, menilai fasilitas KA ini sesuai keinginan dan sudah memenuhi standar KA pada umumnya.

KA Palembang-Prabumulih telah disediakan oleh PT KAI untuk memenuhi permintaan masyarakat yang akan bepergian ke kedua kota itu. Sangat disayangkan jika antusiasme masyarakat masih kurang, mengingat fasilitas yang disediakan sudah sangat baik. Jadi, apa yang seharusnya dilakukan agar peminat dari KA ini meningkat? (ldr)


Artikel ini telah tayang di Sripoku.com dengan judul Berita Palembang: Meski Penumpang 'Zonk', Kereta Api Palembang-Prabumulih Tetap Beroperasi.

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

%d blogger menyukai ini: