Segmen Babadan-Geneng Resmi Beroperasi, Inilah 4 Manfaat yang Bisa Didapatkan

Thecocopost.id-MADIUN, INDONESIA. Segmen jalur ganda Madiun-Kedung Banteng (JGMK), Babadan-Geneng, resmi dioperasikan sejak Rabu (17/10/2019). Kereta Api (KA) Sancaka menjadi kereta pertama yang melintasi segmen ini.

Pada kesempatan yang sama, Heru Wisnu Wibowo, Direktur Prasarana Perkeretaapian Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia mengatakan, setidaknya terdapat beberapa manfaat dari pembangunan jalur ganda.

1. Mempersingkat waktu tempuh

Manfaat yang pertama dari adanya jalur ganda adalah waktu tempuh akan menjadi lebih singkat. Hal ini dikarenakan KA tidak perlu lagi menunggu terlalu lama di stasiun untuk bersilang dengan KA lainnya. Seperti yang diketahui, waktu menunggu persilangan di stasiun menjadi salah satu faktor penyebab waktu tempuh KA menjadi lebih lama selain karena faktor batas kecepatan (taspat) operasional dan banyaknya stasiun yang digunakan untuk naik-turun penumpang.

2. Meningkatkan kapasitas operasi

Manfaat kedua adalah adanya peningkatan kapasitas operasional KA. Adanya jalur ganda akan memungkinkan daerah operasional (Daop) yang memiliki jalur ganda untuk meningkatkan jumlah armada KA yang dioperasikan. Ini dikarenakan jalur ganda dapat memuat lebih banyak KA dalam satu waktu, sehingga lebih efisien.

3. Meningkatkan pelayanan mobilitas orang dan barang

Manfaat ketiga berhubungan langsung dengan kedua manfaat yang telah dibahas sebelumnya. Jalur ganda dapat meningkatkan layanan mobilitas orang (penumpang) maupun barang. Tentunya hal ini dikarenakan waktu tempuh KA lebih singkat dan kapasitas operasionalnya yang bertambah.

4. Mengatasi masalah darurat

Manfaat yang tidak kalah penting dari ketiga manfaat sebelumnya adalah jalur ganda dapat mengatasi masalah darurat. Salah satunya, masalah mengenai KA yang mogok atau mengalami kecelakaan. Sebelum adanya jalur ganda, ketika ada masalah darurat, maka perjalanan KA akan dihentikan atau dialihkan lewat jalur lain. Dengan adanya jalur ganda, KA yang tidak terdampak gangguan operasional bisa menggunakan jalur sebelahnya, sehingga tidak perlu terdampak pengalihan jalur.

Itulah empat manfaat yang didapatkan ketika sebuah jalur ganda dibangun dan dioperasikan. Kira-kira adakah manfaat lain yang bisa didapatkan selain yang sudah dibahas di atas?

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: