Sebuah Reaksi Dari Mahasiswa Terhadap RUU KUHP !

Liputan6.com

Demo, dan mosi tidak percaya ini merupakan hal yang sangat mendadak untuk negara kita yang masih muda ini, namun tak ada hal yang bisa dibuktikan. Saat ini serentak di Indonesia menangani hal yang tidak perlu untuk dilakukan. Memang saat ini kita bukan pada orde baru, apakah hal ini dibenarkan oleh negara dan khalayak banyak. Mahasiswa menjadi sendi yang sangat vital bagi bangsa karena sebagai garda terdepan.

Negara adalah suatu institusi dinamis dimana sejalan dengan pemegang jabatan dan mengikuti kebutuhan rakyat ini merupakan hal yang wajib untuk diikuti. Persoalan demi persoalan tentu saja menjadi hal yang wajar, kerusuhan 1998, kasus Munir adalah saksi peristiwa yang sangat berdarah dan kesemua itu membutuhkan peran mahasiswa didalamnya.

Sekarang melihat kondisi ini ditambah dengan kebijakan dan hal – hal yang mencengangkan yaitu RUU KUHP. Ini menjadikan kegeraman didalam semua aspek dan tidak terkecuali mahasiswa kerusuhan – demi kerusuhan teruslah terjadi apakah hal ini terus terjadi?. Jawabnya iya jika pemerintah tidak menjadi mediator dan menjadi penegak tunggal dan memberikan solusi yang nyata bagi masyarakat. Dan tentu hal ini memerlukan banyak tenaga dan usaha serta mekanisme rumit dalam konstitusi.

Usaha kita dan pemikiran kita mahasiswa, adalah jangan sampai kita kehilangan sikap kritis, jangan sampai luntur dan apatis. Jangan sampai menanggap teman kalian yang sudah dijalan adalah usaha barbar dan kuno dan menganggap mereka adalah alat politik. Tapi sebaiknya baca dan resapi mengapa mereka unjuk gigi hingga berbuat seperti itu, kita adalah garda netral dengan pemikiran dan akses tanpa batas. Tapi kita bukan anarkis total kita bukan hanya bisa turun ke jalan, kita bisa mendidik rakyat dengan sosmed dengan menebarkan kecerdasan dan data yang valid, kita bisa mengedukasi khalayak dengan keilmuan kita masing – masing.

Hidup mahasiswa hidup mahasiswa hidup mahasiswa…..

Airlangga Nala Siswanto

Seorang mahasiswa yang biasa aja dan seorang duafa di negeri yang bernama Jember, dan mungkin berprofesi sebagai Tukang Sunat di masa depan, Cinta akan kedamaian...lahir di negeri Osing Banyuwangi dan memiliki impian untuk berguna bagi orang lain....Cieee Apa iya?....Penulis ini memiliki citra humor walaupun banyak garingnya....maka dari itu hargai ya soalnya kasian....Hobi penulis ini adalah ngewibu, membaca, dan ke masjid....salam sukses dan salam baca, yang penasaran bisa ngemail ke :airlangganalas@gmail.com atau kalo mau stalking di Ig: airlanggasiswanto (jika follow minta aja follback pasti di follback...maksa banget yak) itu aja makasih yak Uda ngerelain mbaca biodata gua yang nggak penting ini

%d blogger menyukai ini: