Riwayat Kanal YouTube Zain Ricko, Dari Pranks Hingga Social Experiment

Riwayat Kanal YouTube Zain Ricko, Dari Pranks Hingga Social Experiment. (Zain Ricko untuk Thecocopost.id)

Thecocopost.id-MALANG. Seorang YouTuber yang tinggal di Malang, bernama Zain Ricko membagikan kisahnya kepada tim dari Journalist on Duty Thecocopost.id tentang kanal YouTubenya.

Dia bercerita awal mulai dari pengembangan karir dengan branding Zaintoloyo, hingga menjadi Zain Ricko.

“Awalnya aku memberi nama kanal YouTube ku Zaintoloyo, terinsiprasi dari tokoh cerita rakyat yang suka melawak, dengan kata-kata khasnya ‘sontoloyo’, karena menurutku mirip, jadi aku memberi nama kanal YouTube ku Zaintoloyo,” terang Zain kepada Journalist on Duty Thecocopost.id, Senin (18/3/2019) di salah satu kedai kopi di kota Malang.

Mengawali kanal YouTube Zaintoloyo, Zain membuat konten berupa prank ataupun video jebakan – jebakan untuk mengetahui reaksi korbannya.

Zain biasanya melakukan pengambilan video di tempat-tempat umum di Kota Malang.

Namun, tampaknya konten ini kurang diminat oleh penonton Zain, karena dirasa kurang menarik, sehingga jumlah penonton relatif stagnan atau tidak menunjukkan kenaikan jumlah penonton yang signifikan.

“Akhirnya aku mengubah kanal YouTube ku menjadi Zain Ricko, dan merubah konten yang awalnya hanya prank, ke gombalan lawan jenis,” ujar Zain.

Melihat kenaikan jumlah penonton yang kurang signifikan, Zain memutuskan untuk mengubah nama kanal YouTube nya dan konten yang dibuatnya.

Dari awalnya yang bernama Zaintoloyo yang berisi konten prank, menjadi Zain Ricko yang berisi konten gombalan.

“Hasilnya positif jika melihat kenaikan jumlah viewers yang cukup tinggi,” kata Zain.

Semenjak re-branding dengan nama Zain Ricko dan konten yang berisi gombalan, kini jumlah penonton maupun yang berlangganan di kanal YouTube Zain Ricko meningkat secara signifikan.

Dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun (11 bulan), mengutip data dari akun Instagram resmi Zain Ricko (@zainricko), jumlah yang berlangganan kanal YouTubenya sekitar 50.000 akun, sedangkan untuk total video yang di tonton sekitar 3.824.927 kali. (mbw)


Mochammad Bagas Widiyakto

Lahir di Jakarta, 20 Juli 1997. Pemiliki akun twitter: @bagaswdykt, Instagram: bagaswidiyakto. Contact Person: bagaswidiyakto20@gmail.com

%d blogger menyukai ini: