Ribuan Penumpang Padati Stasiun Gambir

Foto: Manager Humas Daop 1 PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edy Kuswoyo–Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Thecocopost.id-Jakarta. Edy Kuswoyo, Manager Humas PT KAI Daop I Jakarta mengatakan, pemudik mulai memadati Stasiun Gambir. Jumlah penumpang tersebut sangat berbeda dengan hari biasa.

“Saat ini penumpang di Stasiun Gambir kurang lebih 13 ribu dan bisa bertambah. Sangat berbeda dengan hari biasa yang hanya 8 ribu penumpang. Ada peningkatan 25 persen,” kata Edy di Stasiun Pasar Senen pada Selasa (5/6) dikutip dari laman Medcom.id.

Saat ini, KA jarak menengah tujuan Bandung dan Cirebon masih tersisa. Namun, pada H-7 Lebaran, tiket tujuan Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Malang sudah terjual habis.

“Untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir sejak H-7 Lebaran hingga 14 Juni 2018 sudah habis. Pada hari-hari tertentu dan tanggal tertentu untuk tujuan Bandung dan Cirebon masih tersisa sedikit,” ujar Edy, dikutip dari laman Medcom.id.

Pada masa angkut Lebaran ini, ada 20 KA yang disediakan.

“KA tambahan tahun ini ada 20. Dari Gambir ada 12 KA tambahan. Sedangkan, dari Pasar Senen ada 8 KA tambahan,” terang Edy dikutip dari laman Medcom.id.

Setiap harinya, ada 54 KA reguler yang beoperasi di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Jika semua KA penuh volumenya bisa mencapai 44 ribu.

“KA reguler di Gambir ada 28. Sedangkan, di Pasar Senen ada 26. Total ada 54 perjalanan KA yang diberangkatkan setiap hari,” tutup Edy, dikutip dari laman Medcom.id. (ldr)

1.302 Personel Disiagakan di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir

Edy Kuswoyo, Manager Humas PT KAI Daop I Jakarta menyebutkan adanya pengamanan khusus di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Kedua stasiun itu adalah titik tumpu masyarakat untuk mudik ke Pulau Jawa.

“Untuk angkutan Lebaran 2018 kita siapkan 1.302 personel yang terdiri dari 1.038 personel Polsuska dan Sekuriti serta 264 personel bantuan dari TNI/Polri,” kata Edy di Stasiun Pasar Senen pada Selasa (5/6), dikutip dari laman Medcom.id.

Pengamanan ini untuk mengantisipasi adanya aksi terorisme yang terjadi akhir-akhir ini. Petugas keamanan akan melakukan pengecekan dari parkiran, pintu masuk, dan kereta.

“Di area parkir kendaraan roda 2 dan roda 4 akan ada pemeriksaan mirror di pintu masuk area parkir Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir,” kata Edy, dikutip dari laman Medcom.id.

Di stasiun sendiri juga akan dilakukan pemeriksaan boarding. Pemeriksaan ini dilakukan melalui deteksi petugas yang berdiri di pintu masuk stasiun.

Selain itu, ada pula petugas yang mobile di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Tak lupa 4 anjing pelacak juga dikerahkan.

“Ada 2 anjing pelacak yang dikerahkan di masing-masing 2 stasiun ini. Perlakuan ini akan selalu ada dalam masa angkutan Lebaran,” tambah Edy, dikutip dari laman Medcom.id.

Selain posko kemananan, ada juga posko kesehatan yang disiagakan. Posko kesehatan ini bekerja sama dengan Pemda.

“Ada posko kesehatan dari internal dan eksternal. Selain milik KAI dan ada juga yang kerja sama Pemda seperti Dinkes, Jasa Raharja, dan PMI,” tutup Edy, dikutip dari laman Medcom.id.

Setiap harinya, posko kesehatan dibuka pada pukul 7.00 WIB hingga malam hari. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: