Rel Wilayah Joglosemar Akan Terhubung dengan Bandara YIA

Thecocopost.id-YOGYKARTA, INDONESIA. Sebagai wujud dukungan terhadap program Presiden Joko Widodo untuk membuat wilayah Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar) sebagai kawasan Bali Baru, rel kereta api (KA) di kawasan tersebut akan disambungkan langsung dengan Bandar Udara (Bandara) Yogyakarta International Airport (YIA).

Upaya menghubungkan rel KA dengan Bandara YIA ini telah dilakukan dengan jalan mengoperasikan KA Kalijaga sejak 15 Februari 2014 silam. Hal ini disampaikan langsung oleh Asdo Artriviyanto, Corporate Deputy Director of Passenger Transport Marketing and Sales PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI).

KA Kalijaga merupakan KA yang menghubungkan delapan stasiun di wilayah Jawa Tengan (Jateng) dengan relasi Purwosari-Semarang Poncol PP. Setelah meluncurkan KA tersebut, PT KAI juga meluncurkan KA Kamandaka pada 17 Februari 2014 yang memiliki relasi Semarang Tawang-Purwokerto PP. Di tahun selanjutnya, tepatnya 25 September 2015, diluncurkan juga KA Joglokerto dengan relasi Solo Balapan-Purwokerto PP.

Karena adanya peningkatan volume penumpang pada ketiga KA tersebut setiap tahunnya, PT KAI kemudian melakukan perpanjangan rute KA Joglokerto dan mengubah namanya menjadi KA Joglosemarkerto melalui rute loop line atau berputar. Rute tersebut melalui kawasan Yogyakarta, Solo, Semarang, Tegal dan Purwokerto. Perpanjangan rute pada KA Joglokerto ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata dan memberikan pilihan akses bepergian masyarakat yang dilalui oleh KA tersebut.

Bersamaan dengan pengoperasian KA tersebut, PT KAI juga mengoperasikan KA Bandara yang baru melintasi empat stasiun, yakni Stasiun Maguwo, Yogyakarta, Wates, dan Wojo. Ke depannya, menurut keterangan Danto Ristiawan, Direktur Angkutan dan Lalu Lintas Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebutkan adanya rel baru sepanjang 5,7 km. Adanya tambahan rel baru tersebut akan menghubungkan langsung Stasiun Wojo dengan Bandara YIA di Kulon Progo.

Lintasan rel KA yang menghubungkan Stasiun Wojo dengan Bandara YIA dibangun dengan perpaduan rel layang dan rel tapak datar. Menurut rencana, 5 km akan dibangun melayang dan sisanya, 0,75 km dibangun menapak datar. Untuk pengerjaan dari proyek ini akan dilakukan sejak tahun ini hingga 2020 (selama dua tahun). Rencananya pada 2021 rel sudah bisa terpakai.

(ldr)


Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

%d blogger menyukai ini: