Rel Terdampak Banjir, Perjalanan KA di PT KAI Daop I Jakarta Terganggu

Voi.id

JAKARTA (INDONESIA), Thecocopost.id-Banjir yang melanda wilayah Jakarta menyebabkan perjalanan kereta api (KA) di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI) Daerah Operasional (Daop) I Jakarta terganggu.

Banjir yang terjadi pada Rabu (1/1/2020) di wilayah Daop I Jakarta ini menggenangi sejumlah titik jalur KA dengan ketinggian yang bervariasi antara 4 hingga 8 cm di atas kop rel.

Melansir ANTARA, berikut adalah titik jalur KA yang terdampak banjir Jakarta.

  1. KM9+700 lintas Rawa Buaya-Batu Ceper dengan ketinggian air 8 cm di atas kop rel. Hingga pukul 07.50 WIB, jalur belum bisa dilalui oleh KA. Perjalanan sejumlah KA Bandara dan Kereta Rel Listrik (KRL) Tangerang-Duri dibatalkan.
  2. KM28+7 lintas Bekasi-Tambun. KA Jarak Jauh (KAJJ) dan KRL harus memperlambat laju ketika melalui lintas tersebut. Akibatnya, terjadi keterlambatan kedatangan pada KAJJ dan KRL yang melintasi jalur tersebut.
  3. KM2+7/8 lintas Manggarai-Tanah Abang. Sama dengan KM28+7, KA diperbolehkan melintas dengan kecepatan terbatas.
  4. Jalur 5 dan 6 Stasiun Tanah Abang. Ketinggian air 50 cm di atas kop rel yang disebabkan luapan air Kali Ciliwung. Perjalanan KA tidak dapat dilakukan untuk menuju Serpong, Parung Panjang, Maja, dan Rangkasbitung.
  5. KM17+4 lintas Pondok Ranji-Kebayoran. Ketinggian air sekitar 20 cm di atas kop rel. Perjalanan KRL dari Parung Panjang, Serpong, Maja, dan Rangkasbitung hanya dioperasikan hingga Pondok Ranji. Sementara untuk perjalanan KA dari Tanah Abang belum bisa dilakukan.

Mengatasi banjir yang berdampak pada sarana dan prasarana perkeretaapian, pihak PT KAI Daop I Jakarta melakukan perubahan pola operasi dan pembatalan perjalanan.

Sementara itu, perjalanan KAJJ dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir tidak mengalami keterlambatan meski terjadi banjir di sejumlah titik.

Pihak PT KAI Daop I Jakarta mengimbau pengguna jasa untuk menuju ke stasiun lebih awal karena adanya sejumlah ruas jalan yang terdapat titik banjir.

Atas ketidaknyamanan yang dialami pengguna akibat gangguan perjalanan KA ini, pihak PT KAI Daop I Jakarta menyampaikan permohonan maaf.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: