Rel Ganda Solo-Kedung Banteng Beroperasi, PT KAI Akan Perpanjang Rute KA Prameks

Thecocopost.id-YOGYAKARTA, INDONESIA. PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI) telah resmi mengoperasikan jalur ganda lintas Solo Jebres (SK)-Kedung Banteng (KDB).

Usai beroperasinya jalur ganda tersebut, PT KAI Daerah Operasional (Daop) VI Yogyakarta akan memperpanjang perjalanan Kereta Api (KA) Prambanan Ekspres (Prameks) ke arah timur Kota Solo, lebih tepatnya hingga Stasiun Palur (PL).

Menurut Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop VI Yogyakarta, Eko Purwanto, keberadaan jalur ganda Solo-Kedung Banteng ini akan membawa dampak positif untuk operasional KA.

Dilihat dari sisi perjalanan, kapasitas perjalanan akan memungkinkan untuk bertambah.

Rencananya, dengan selesainya jalur ini, pola operasi untuk beberapa rangkaian KA di Daop VI Yogyakarta akan berubah.

Misalnya untuk pemberangkatan KA Prameks nanti bisa dilakukan dari Stasiun Palur (PL).

Meski begitu, Daop VI Yogyakarta masih belum bisa memastikan jadwal perpanjangan rute hingga Stasiun Palur (PL).

Tidak hanya sampai Stasiun Palur (PL) saja, ke depannya rute tersebut memungkinkan untuk diperpanjang hingga Stasiun Sragen (SR) atau Madiun (MN).

Kemungkinan ini terlihat mengingat Daop VI Yogyakarta telah melengkapi beberapa stasiun dengan fasilitas yang menunjang kebutuhan penumpang.

Perpanjangan rute ini bertujuan agar masyarakat yang menggunakan Prameks tidak hanya terkonsentrasi di Stasiun Solo Balapan (SLO) dan Purwosari (PWS).

Namun, sebelum itu pihak Daop VI Yogyakarta akan terlebih dahulu berkoordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda) setempat.

(ldr)


Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

%d blogger menyukai ini: