Rangkaian LRT Jabodebek Tiba di Jakarta

Thecocopost.id-JAKARTA, INDONESIA. Satu rangkaian Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) telah tiba di Jakarta. Rangkaian LRT tersebut kemudian diangkat ke jalurnya pada Minggu (13/10/2019) kemarin dan disaksikan oleh beberapa pejabat terkait.

Pengangkatan satu rangkaian LRT Jabodebek dilaksanakan di Stasiun Cibubur menggunakan gantry crane. Rangkaian ini rencananya akan digunakan sebagai uji coba operasional lintas Cawang-Cibubur pada akhir bulan ini.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula beberapa pejabat seperti Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI) Edi Sukmoro, Dirut PT Industri Kereta Api (Persero/INKA) Budi Noviantoro, dan Dirut PT Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto.

Luhut mengapresiasi adanya LRT Jabodebek ini. Pasalnya, LRT ini 60% local content-nya merupakan buatan Indonesia. Selain itu, dirinya juga menyebut LRT ini lebih canggih dibandingkan dengan LRT Palembang.

Kecanggihan LRT Jabodebek adalah pada sistem moving block yang digunakan pada sistem persinyalannya. Sistem tersebut menggunakan perhitungan waktu untuk mengatur kedatangan kereta, sehingga keterlambatan kereta bisa diminimalisir. Sistem ini juga memungkinkan LRT Jabodebek untuk beroperasi tanpa menggunakan masinis.

Untuk operasional penuh, Budi Karya mengatakan bahwa LRT Jabodebek akan beroperasi penuh pada 2021 mendatang. Mengingat, saat ini proyek LRT Jabodebek memang belum sepenuhnya rampung.

Budi juga telah memperkirakan tarif LRT Jabodebek ini. Menurutnya, harga komersil untuk tarif LRT adalah sebesar Rp25.000,00. Namun, angka tersebut masih akan disubsidi oleh pemerintah sebesar 50%. Dia mengingatkan, tarif tersebut bisa saja mengalami perubahan.

Sementara itu, progres dari proyek LRT Jabodebek secara keseluruhan adalah 66,13%. Menhub mengemukakan ada tiga rute yang akan dilayani LRT Jabodebek, yakni Cibubur-Cawang, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur.

Sebelumnya, PT INKA mengirimkan rangkaian LRT pada Selasa (8/10/2019) malam. Pengiriman dilakukan melalui jalur darat. Pada 18 Oktober 2019 mendatang, rangkaian tersebut akan mulai melakukan proses uji coba di lintas Cibubur-Cawang selama satu bulan.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: