Rail Clinic dan Rail Library Hadir di Indramayu

Thecocopost.id-INDRAMAYU, INDONESIA. Kereta medis “Rail Clinic” serta kereta perpustakaan “Rail Library” hadir di Indramayu. Dalam kesempatan tersebut, masyarakat diberi layanan kesehatan secara gratis serta mengedukasi masyarakat dengan menyediakan akses literasi.

Deputi VP PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI) Daerah Operasional (Daop) III Cirebon Raden Agus Dwinanto mengatakan pihaknya mengundang 350 warga dari 4 desa di sekitar Stasiun Haurgeulis. Warga tersebut diberikan layanan kesehatan primer dan penyuluhan kesehatan.

PT KAI menyiapkan tim kesehatan untuk melaksanakan program tersebut dengan rincian 4 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 dokter spesialis kandungan, 2 bidan, 3 apoteker, 2 petugas laboratorium, dan 15 paramedis. Harapannya, program ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Selain memberikan layanan kesehatan, PT KAI juga membagikan kacamata gratis untuk 50 siswa sekolah dasar (SD). Pembagian ini dilakukan setelah dilakukan pemeriksaan mata.

Pada kesempatan yang sama, PT KAI juga berupaya meningkatkan literasi kepada masyarakat di sekitar Stasiun Haurgeulis. Pihak PT KAI menyediakan buku bacaan baik manual maupun e-book serta enam monitor.

Dalam kereta “Rail Library” tersedia 2.383 buku dengan berbagai kategori seperti cerita rakyat, sejarah, agama, budaya, khusus anak-anak, dan masih banyak lagi. Sementara untuk e-learning tersedia 63 e-book dan 133 video.

Agus menjelaskan bahwa rata-rata anak lebih menyukai e-learning. Hal ini didukung dengan antusiasme siswa SDN 1 Haurgeulis yang berkesempatan mengunjungi Rail Library.

Di kesempatan yang sama PT KAI juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melempar batu ke arah kereta karena dapat membahayakan pengguna jasa angkutan. Hal ini dilakukan karena masih banyaknya kasus pelemparan batu ke arah kereta.

Hingga bulan Oktober 2019, kasus pelemparan batu sudah terjadi setidaknya 20 kali. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah 17 kali kasus pelemparan batu.

Oleh sebab itu, PT KAI terus melakukan upaya edukasi kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan keselamatan perjalanan kereta serta tidak merusak fasilitas transportasi milik negara.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: