PT Railink Hentikan Sementara Operasional KA Bandara Soekarno Hatta-Bekasi

Thecocopost.id-JAKARTA, INDONESIA. PT Railink, operator KA Bandara menghentikan sementara operasional KA rute Stasiun Bekasi-Bandara Soekarno Hatta pada Minggu (8/9/2019) kemarin.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Dyah Suryandari, Humas PT Railink. Dia menyatakan bahwa KA Bandara dari Stasiun Bekasi telah dihentikan operasionalnya.

Penghentian sementara operasional KA Bandara dari Stasiun Bekasi bertujuan untuk mengoptimalkan KA Bandara di Stasiun Manggarai. Rencananya, Stasiun Manggarai akan digunakan sebagai pusat perjalanan KA Bandara.

Meski begitu, nantinya pengoperasian kembali KA Bandara dari Bekasi kemungkinan akan dilakukan kembali. Namun perlu dilakukan peninjauan terlebih dahulu, menyesuaikan kondisi ke depannya.

Tak hanya memberhentikan sementara operasional KA Bandara dari Bekasi, PT Railink juga menghapus keberangkatan KA Bandara dari Stasiun BNI City, Duri, dan Batu Ceper. Penghapusan ini dilakukan untuk keberangkatan pukul 04.51 WIB dari BNI City, 05.06 WIB dari Duri, dan 05.25 WIB dari Batu Ceper.

Sejumlah pembaharuan jadwal juga dilakukan oleh PT Railink selain menghapus waktu keberangkatan. Misalnya, pada KA Bandara Soekarno Hatta-Jakarta yang diberangkatkan pada pukul 22.50 WIB, Batu Ceper-Soekarno Hatta pada pukul 23.03 WIB, dan Duri-Soekarno Hatta pada pukul 23.26 WIB.

Penghentian sementara operasional KA Bandara dari Bekasi ini disesalkan oleh penumpang yang biasa menggunakan jasa KA Bandara. Menurut mereka, KA Bandara bisa menjadi alternatif untuk penumpang yang akan mengakhiri perjalanan di Stasiun Sudirman atau Batu Ceper. Tak hanya itu, KA Bandara pun bisa dijadikan alternatif bagi penumpang yang menunggu KRL terlalu lama, misal pada pukul 11.15 WIB dan 14.10 WIB, yang biasanya membutuhkan waktu 20-40 menit.

Sementara itu, penumpang lainnya mengatakan bahwa penghentian operasional sementara KA Bandara ini berdampak baik untuk perjalanan KRL Commuter Line. Ini dikarenakan karena tidak akan ada lagi pembagian rel antara KA Bandara dengan KRL, sehingga waktu tunggu KRL akan semakin baik.

Pendapat lainnya disampaikan oleh Djoko Setijowarno, Pengamat Transportasi Publik Universitas Katolik Soegijapranata. Menurutnya, apabila warga Bekasi masih membutuhkan KA Bandara, sebaiknya kereta dioperasikan pada pagi hari sebelum KRL melayani penumpang. Ini dikarenakan penghentian sementara operasional KA Bandara memiliki peran positif untuk memperlancar perjalanan KRL.

(ldr)

“Betul, mulai Minggu (8/9/2019) kemarin, kereta bandara dari Stasiun Bekasi sudah dihentikan operasionalnya.”

Dyah Suryandari, Humas PT Railink

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: