PT MRT Jakarta Siapkan Upaya Mitigasi dan Penanganan Banjir

Thecocopost.id-JAKARTA, INDONESIA. Operator Moda Raya Terpadu (MRT), PT MRT Jakarta telah menyiapkan upaya mitigasi dan penanganan apabila terjadi bencana banjir. Upaya ini dipersiapkan apabila sewaktu-waktu terjadi banjir yang mengakibatkan fasilitas MRT terendam banjir.

Direktur Utama (Dirut) PT MRT Jakarta William Sabandar menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang akan dilakukan oleh pihaknya apabila terjadi banjir. Pertama, drainase yang berada di sepanjang jalur antara Sudirman-Tamrin diusahakan tidak tertutup agar air dapat mengalir dengan lancar.

Selain itu, instrumen penghadang air hujan juga telah disiapkan. Instrumen ini berfungsi untuk menghalangi air hujan agar tidak masuk ke dalam stasiun. Namun, apabila air yang masuk ke dalam stasiun semakkin banyak, maka akan ada generator yang memompa air kembali keluar.

Upaya terakhir yang dilakukan apabila air benar-benar tidak bisa dikendalikan dan masuk wilayah rawan adalah dengan menghentikan sementara operasional MRT. Wilayah rawan tersebut berada di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Dukuh Atas.

Tidak hanya saat banjir, pemberhentian sementara operasional MRT juga akan dilakukan apabila terjadi kondisi darurat, seperti mati listrik, gempa bumi, kebakaran, dan kereta keluar jalur.

Untuk mendukung upaya mitigasi dan penanganan saat banjir, PT MRT Jakarta juga menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang selalu siap sedia apabila terjadi kondisi darurat. SDM tersebut telah diberikan pelatihan untuk memastikan kesiapannya menangani kondisi darurat.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: