PT MRT Jakarta Akan Kembangkan Sistem Pembayaran Tiket dengan QR Code

Thestar.com.my

Thecocopost.id-JAKARTA, INDONESIA. Setelah mendapatkan izin penerbitan uang elektronik dalam bentuk MTT oleh BI, PT MRT Jakarta juga akan mengembangkan sistem pembayaran tiket dengan QR Code.

Direktur Keuangan dan Administrasi PT MRT Jakarta Tuhiyat pada Senin (18/11/2019) mengatakan, QR Code akan mulai diuji coba pada 1 Desember 2019. Targetnya, pada 1 Januari 2020, sistem pembayaran tersebut sudah dapat digunakan tanpa ada kendala.

Pengembangan sistem pembayaran tiket dengan QR Code dilakukan untuk mendukung program cashless.

Untuk bisa menggunakan sistem pembayaran ini, terdapat aplikasi yang dapat diunduh baik menggunakan sistem operasi Android maupun iOS. Aplikasi tersebut direncanakan akan diberi nama MRTJ.

Setelah mengunduh aplikasi, pengguna tinggal melakukan proses scanning QR Code di smartphone pada gate yang tersedia. Sementara ini, QR Code yang dikembangkan MRT Jakarta hanya bisa digunakan untuk pembayaran tiket saja.

Adanya sistem pembayaran ini akan mempermudah pengguna, terutama dalam hal pengisian saldonya. Saldo bisa diisi menggunakan aplikasi payment online seperti LinkAja, OVO, dan GoPay.

Meski begitu, ada kendala yang mungkin akan dihadapi oleh pengguna. Misalnya, pengguna arus memosisikan kode QR dengan pas saat melakukan proses tapping di gate, yang mungkin bisa memperlama proses tapping itu sendiri.

Sebelumnya, seperti diberitakan The Coco Post Indonesia, PT MRT Jakarta akan meluncurkan MTT pertamanya pada 25 November 2019 mendatang. Peluncuran dilakukan usai mendapat izin dari BI untuk penerbitan uang elektronik.

Kartu perjalanan ganda milik PT MRT tersebut memiliki keunggulan pada saat tapping, yakni hanya membutuhkan 0,2 detik saja untuk proses pemindaian. Sementara, jika menggunakan kartu terbitan bank butuh setidaknya 2 detik.

Dengan hadirnya sistem pembayaran dengan QR Code ini, total sudah ada 4 cara pembayaran untuk bisa menikmati fasilitas dari MRT Jakarta. Ke-4 sistem pembayaran tersebut antara lain STT, MTT, U-nik, dan QR Code.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: