PT KAI Terapkan Aturan Check In Baru

Thecocopost.id-BANYUWANGI. PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI) menerapkan aturan check-in baru yang diberlakukan sejak Kamis (17/1/2019) pukul 15.00 WIB. Aturan ini dibuat untuk memudahkan penumpang yang akan bepergian dengan kereta api (KA) jarak jauh.

Ilustrasi (Youtube.com)

Agus Komarudin, Pejabat Public Relation PT KAI pada Solopos.com mengatakan, penumpang yang telah memiliki bukti pembelian tiket KA berupa blanko putih, email notifikasi, struk, maupun eticket dapat melakukan check-in (cetak boarding pass) di mesin check-in counter (CIC) di seluruh stasiun yang melayani KA jarak jauh. Check-in dapat mulai dilakukan sejak H-7 hingga H-1 sebelum keberangkatan KA. Namun, jika kurang dari 24 jam, penumpang bisa melakukan check-in di stasiun keberangkatan atau stasiun antara yang tertera di relasi tiket KA penumpang. Pendapat serupa juga dikeluarkan oleh Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) IV Semarang Krisbiyantoro pada Bisnis.com, dan Manajer Humas PT KAI Daop VIII Surabaya Suprapto pada Republika.co.id.

Perubahan aturan ini bertujuan memudahkan penumpang yang ingin melakukan check-in jauh-jauh hari dari stasiun terdekat yang diinginkan. Ini juga untuk mencegah keterlambatan penumpang dikarenakan adanya antrean di mesin CIC yang umumnya mengular pada hari keberangkatan.

Selain itu, PT KAI juga menyediakan fitur e-boarding pass pada aplikasi KAI Access. Fitur ini membuat penumpang tidak perlu mengantre di mesin CIC untuk check-in. E-boarding pass dapat diakses penumpang mulai dari 2 jam sebelum keberangkatan KA. PT KAI berharap, dengan adanya kemudahan ini, penumpang menjadi lebih nyaman dalam melakukan perjalanan kereta api mulai sebelum keberangkatan, selama perjalanan, hingga tiba di stasiun tujuan. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: