PT KAI Tanggapi Viralnya Video Penumpang yang Bentak Petugas Saat Pemeriksaan Tiket

Thecocopost.id-LEBAK, INDONESIA. Sebuah video yang menunjukkan seorang wanita yang marah dan membentak petugas saat pemeriksaan tiket di atas kereta api viral di media sosial Instagram. Video ini awalnya diunggah oleh akun @bamgunawan1234 pada Rabu (17/7/2019).

Pada keterangan yang tertera dalam unggahan video itu disebutkan bahwa peristiwa tersebut terjadi di atas Kereta Api Lokal Rangkasbitung-Merak. Berdasarkan informasi dari pengunggah video lainnya, penumpang tersebut marah lantaran tiket yang ditunjukkannya pada petugas tidak terbaca. Diduga, penumpang tersebut tidak terima saat petugas akan memverifikasi tiket tersebut.

Video yang diunggah terdiri atas tiga slide. Dalam video tersebut, tampak seorang wanita dengan baju batik memarahi petugas (kondektur) dengan nada tinggi dan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas.

Menanggapi video viral tersebut, Eva Chairunisa, Senior Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional I Jakarta membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurut keterangannya, peristiwa tersebut terjadi di hari yang sama dengan unggahan video tersebut, tepatnya pada pukul 09.15 di atas Kereta Api 464 relasi Rangkasbitung-Merak.

Eva menjelaskan, kejadian tersebut berawal ketika kondektur melakukan pemeriksaan tiket penumpang. Hal ini biasa dilakukan kondektur ketika berada di atas kereta api, karena merupakan bagian dari standar operasional prosedur. Kemudian, kondektur mendapati tiket penumpang tersebut tidak terbaca.

Karena tidak terbaca, kondektur bertanya baik-baik kepada penumpang itu apakah penumpang memiliki tiket lain karena secara fisik tiket yang ditunjukkan pada petugas sudah tidak dalam kondisi baik. Namun, penumpang tersebut malah menanggapinya dengan emosi.

Kondektur kemudian meminta waktu untuk melakukan pemeriksaan. Dari pemeriksaan petugas, masih belum diketahui apakah tiket yang dimiliki penumpang tersebut lama atau baru karena sudah luntur dan tidak terbaca dengan jelas.

Penumpang tersebut diketahui turun di Stasiun Serang ketika petugas masih melakukan pemeriksaan tiket.

Eva menyayangkan tindakan penumpang itu, Dirinya mengimbau kepada seluruh pengguna jasa angkutan kereta api untuk mengikuti aturan yang berlaku di atas kereta. Termasuk ketika pemeriksaan tiket karena itu merupakan standar operasional prosedur perusahaan.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: