PT KAI Siapkan Program ‘Perjalanan Menuju Berkah’

Foto: Petugas melakukan perawatan salah satu rangkaian kereta api penumpang di Stasiun KA Tawang, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (25/5). Antara/Aditya Pradana Putra

Thecocopost.id-Purwokerto. PT KAI sedang menyiapkan program ‘Perjalanan Menuju Berkah’. Program ini akan digelar pada H-10 hingga H-1 Lebaran.

“Program ‘Perjalanan Menuju Berkah’ berupa kegiatan pembagian takjil, buka bersama, dan sahur gratis,” kata Manajer Humas PT KAI Daop V Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko di Purwokerto pada Sabtu (3/6) makam seperti dikutip dari laman Republika.co.id.

Menurutnya, program ini adalah bentuk penghargaan PT KAI kepada masyarakat yang memilih jasa angkutan KA sebagai sarana transportasi mudik. Program ini juga wujud semangat berbagi PT KAI pada bulan Ramadan.

Rencananya, pada program ini PT KAI akan membagi menu buka puasa secara gratis di stasiun keberangkatan setelah melakukan boarding dan memasuki area zona 1 stasiun.

“Takjil gratis ini akan dibagi menjelang buka puasa antara pukul 17.00 WIB hingga 18.30 WIB,” kata Ixfan dikutip dari laman Republika.co.id.

Ixfan juga menjelaskan untuk pembahian buka puasa dan sahur gratis, KAI akan membagikannya secara gratis kepada penumpang yang masih dalam 1 perjalanan KA pada saat sahur dan berbuka puasa. Makanan ini hanya akan dibagikan pada penumpang dewasa dan tidak berlaku untuk penumpang bayi.

Di wilayah Daop V Purwokerto sendiri, terdapat 71 perjalanan KA yang melintasinya dan kemungkinan penumpangnya masih berada di dalam KA pada waktu berbuka dan sahur. Dari ke-71 perjalanan, penumpang di 11 perjalanan KA kemungkinan mendapat makanan untuk berbuka dan sahur.

“Penumpang di 33 perjalanan KA dapat makanan untuk berbuka dan penumpang di 27 perjalanan mendapat makanan untuk sahur,” terang Ixfan dikutip dari Republika.co.id.

Salah satu KA yang akan menjadi sasaran program ini adalah di KA 219 Serayu (Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasar Senen). Penumpang KA tersebut akan mendapatkan makanan gratis untuk berbuka dan sahur sekaligus. Hal ini dikarenakan KA tersebut berangkat pada pukul 16.30 WIB dari Purwoketo dan tiba di Stasiun Pasar Senen pada 04.02 WIB.

Sementara itu, untuk KA 216 Serayu (Pasar Senen-Kiaracondong-Kroya-Purwokerto) hanya mendapatkan menu makanan sahur. Hal ini dikarenakan KA diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen pada 21.00 WIB dan tiba di Stasiun Purwokerto pada 08.08 WIB.

Menu yang disediakan PT KAI untuk berbuka dan sahur ini dinilai Ixfan sangat variatif. Mulai dari nasi goreng, ayam goreng, nugget, nasi lemak, dan sebagainya.

PT KAI juga menjamin kebersihan dan kesehatan makanan yang disediakan penumpang dengan cara memasaknya pada hari yang sama dengan pembagiannya.

PT KAI Daop VIII Surabaya Mulai Sediakan Makanan Gratis untuk Buka dan Sahur Mulai 5 Juni 2018

Sementara itu di daerah lain, yaitu PT KAI Daop VIII Surabaya akan mulai membagikan makanan gratis kepada pemudik mulai tanggak 5 Juni 2018 (H-10) hingga 14 Juni 2018 (H-11) Lebaran.

Gatut Sutiyatmoko, Manajer Humas PT KAI Daop VIII Surabaya mengatakan, pemberian makanan gratis ini dalam rangka menyemarakkan Ramadan.

“Kegiatan ini juga untuk memberi semangat dan apresiasi kepada pengguna jasa angkutan KA, sehingga penumpang tidak perlu repot mencari makanan,” kata Gatut dikutip dari laman Suryamalang.com.

Makanan gratis ini rencananya akan dibagikan kepada penumpang KA jarak jauh seperti KA Tawang Alun (Malang Kota Lama-Banyuwangi Baru), KA Malioboro Ekspres (Malang-Yogyakarta), KA Matarmaja (Malang-Pasar Senen), dan beberapa KA lainnya yang waktu perjalanannya mendekati waktu berbuka puasa dan sahur.

Daftar 18 KA di Daop I yang Diberikan Makan Gratis untuk Buka Puasa dan Sahur

PT KAI Daop I Jakarta memberikan keterangan resmi mengenai perjalanan KA yang mendapatkan menu makanan gratis untuk berbuka puasa dan sahur. Berdasarkan keterangannya melalui Executive Vice President Daop I Jakarta R Dadan Rudiansyah, PT KAI Daop I Jakarta akan memberikan menu buka dan sahur gratis ini di 18 perjalanan KAnya. Ke-18 KA tersebut adalah:

Daftar KA yang mendapat menu berbuka puasa

  1. KA Argo Sindoro (Gambir-Semarang Tawang) 16.15-22.15 WIB
  2. KA Argo Jati (Gambir-Cirebon) 17.20-20.16 WIB
  3. KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) 15.30-18.39 WIB
  4. KA Gumarang (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi) 15.45-02.56 WIB
  5. KA Kertajaya (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi) 14.00-01.40 WIB
  6. KA Purwojaya Lebaran (Gambir-Cilacap) 16.00-22.55 WIB
  7. KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) 18.00-21.54 WIB
  8. KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) 17.02-20.19 WIB
  9. KA Tawang Jaya (Pasar Senen-Semarang Poncol) 23.00-06.15 WIB
  10. KA Argo Sindoro Lebaran (Gambir-Semarang Tawang) 23.45-06.09 WIB
  11. KA Gajayana Lebarang (Gambir-Malang) 23.30-15.23 WIB
  12. KA Kutojaya Utara Tambahan (Pasar Senen-Purwokerto-Kutoarjo) 23.20-07.54 WIB

Daftar KA yang mendapat menu sahur dan berbuka puasa:

  1. KA Gajayana (Gambir-Malang) 17.40-09.06 WIB
  2. KA Bima (Gambir-Malang) 16.30-08.15 WIB
  3. KA Bangunkarta (Gambir-Surabaya Gubeng) 15.00-03.30 WIB
  4. KA Matarmaja (Pasar Senen-Malang) 15.15-07.51 WIB
  5. KA Brantas (Pasar Senen-Blitar) 17.00-07.50 WIB
  6. KA Brantas Lebaran (Pasar Senen-Blitar) 18.00-08.55 WIB

Menu makanan untuk sahur dan berbuka puasa yang ditawarkan antara lain nasi goreng, ayam goreng, nugget, nasi lemak, dan sebagainya. PT KAI juga menjamin keamanan dan kebersihan dari makanan tersebut dengan cara menyajikan makanan yang dimasak pada hari yang sama.

Penumpang PT KAI Divre IV Tanjungkarang Dapat Nasi Kotak Gratis untuk Sahur

PT KAI Divre IV Tanjungkarang juga menyediakan nasi kotak gratis untuk penumpang yang melakukan perjalanan KA pada 5-14 Juni 2018.

Franoto Wibowo, Manager Humas PT KAI Divre IV mengatakan, pembagian sahur gratis ini adalah program PT KAI untuk melayani penumpang KA.

“Pembagian dilakukan secara gratis kepada penumpang yang bepergian dengan KA dari Stasiun Tanjungkarang ke Stasiun Kertapati,” kata Franoto di Bandar Lampung pada Selasa (5/6), dikutip dari laman Bisnis.com.

Pembagian nasi kotak ini adalah salah satu program baru pada saat Ramadan yang dilakukan oleh PT KAI.

Selain nasi kotak, PT KAI Divre IV Tanjungkarang juga memberikan hidangan buka puasa gratis kepada penumpang yang berpuasa dan sedang di perjalanan menggunakan KA.

“Semoga pembagian ini bisa membawa berkah bagi kita semua dan bermanfaat bagi yang menerimanya,” tegas Franoto seperti dikutip dari laman Bisnis.com.

Pelaksanaan program ini tidak berlaku 1 hari saja namun selama 10 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Sebagai wujud kepedulian PT KAI kepada penumpang, menu sahur dan berbuka semuanya sudah disiapkan secara gratis tanpa dipungut biaya. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: