PT KAI Resmi Umumkan Penerbitan Obligasi Senilai Rp2 Triliun

Thecocopost.id-JAKARTA, INDONESIA. PT KAI, pada Senin (11/11/2019) secara resmi mengumumkan penerbitan obligasi lewat Penawaran Umum Obligasi II KAI Tahun 2019. Dirut PT KAI Edi Sukmoro mengatakan Obligasi II KAI 2019 ini memiliki nilai sebesar Rp2 triliun.

Dana yang diperoleh dari penawaran obligasi, setelah dikurangi biaya emisi sebesar Rp1,2 triliun, akan digunakan untuk membayar pinjaman pokok kepada Bank HSBC. Sisanya, akan dipergunakan oleh PT KAI untuk pengadaan sarana baru serta pembaruan sarana.

Pengadaan sarana baru mayoritas akan digunakan untuk membeli kereta baru. Kereta baru ini akan menggantikan kereta yang usainya sudah tua, lebih dari 30 tahun.

Hingga Oktober 2019, setidaknya terdapat 672 unit kereta yang usianya di atas 30 tahun. Kereta tersebut terdiri atas kereta penumpang, kereta makan, kereta bagasi, dan kereta pembangkit.

Sementara untuk pembaruan sarana, fokus utamanya adalah melakukan repowering atau peningkatan daya sarana kereta. Repowering meliputi penggantian mesin kereta penumpang, gerbong barang, pembaruan lokomotif, KRD dan sebagainya. Ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan peningkatan layanan angkutan penumpang dan barang.

Dalam penawaran obligasi ini, Mandiri Sekuritas, Bahana Sekuritas, BCA Sekuritas, BNI Sekuritas, dan Danareksa Sekuritas bertugas sebagai penjamin pelaksana emisi.

Sebelumnya pada November 2017, PT KAI juga menerbitkan obligasi perdana dengan nilai yang sama. Dana yang diperoleh digunakan sebagai pembiayaan proyek KA Bandara Soekarno-Hatta dan pengadaan kereta baru.

Penawaran obligasi tersebut sangat diminati oleh investor, yang dibuktikan dengan penerimaan obligasi mencapai Rp5,2 triliun. Lebih besar 2,5 kali dari nilai obligasi yang ditawarkan.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: