PT KAI Reaktivasi Jalur KA Yogyakarta-Magelang

Foto: Pemasangan patok DJKA di Kecamatan Secang, tepatnya kurang lebih 800 meter dari jalur kereta api lama. Lokasi tepatnya berada di sekitar perempatan Secang, antara Jalan Raya Secang dan Jalan Alternatif Secang-Pucang, untuk reaktivasi Jalur KA Yogyakarta-Magelang. (TribunSolo.com)

Thecocopost.id-Magelang. PT KAI akan mengaktifkan kembali jalur KA Yogyakarta-Magelang dalam waktu dekat. Jalur KA ini akan melalui wilayah Borobudur untuk mempermudah akses ke KSPN Borobudur.

Rencana reaktivasi jalur KA Yogyakarta-Magelang dalam waktu dekat ini dibenarkan oleh Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta Eko Budiyanto. Pelaksanaan reaktivasi jalur KA ini akan dilaksanakan oleh DJKA.

Reaktivasi jalur KA Yogyakarta-Magelang ini ditandai dengan pemasangan patok DJKA di wilayah Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Patok dipasang sekitar 800 meter dari jalur KA yang lama.

Pemasangan patok ini adalah pekerjaan dari Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api DJKA yang sedang melaksanakan Studi Kelayakan dan Survey Investigasi Desain. Studi kelayakan dilakukan untuk melihat kelayakan dari jalur yang sudah ada dan jalur yang akan dibangun.

Mengenai jalur baru yang akan dilalui dan pembebasan lahan, Eko Budiyanto masih belum mengetahui secara pasti karena hal tersebut adalah kewenangan DJKA. Menurutnya, rencana reaktivasi jalur KA Yogyakarta-Magelang sudah lama namun baru direalisasikan pada tahun ini. Tujuannya, untuk menunjang KSPN Borobudur.

Saat ini pemasangan patok sudah dilakukan di Kecamatan Secang, sekitar 800 meter dari jalur rel lama. Lokasi tepatnya terletak di sekitar perempatan Secang. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: