PT KAI Luncurkan KA Dharmawangsa di Stasiun Pasar Senen

KAI121

Thecocopost.id-JAKARTA, INDONESIA. PT KAI pada Senin (2/12/2019) kembali melakukan peluncuran KA baru yang diberi nama KA Dharmawangsa. Peluncuran KA ini dilakukan oleh Dirut PT KAI Edi Sukmoro di peron Stasiun Pasar Senen.

KA Dharmawangsa adalah KA baru yang dioperasikan oleh PT KAI berdasarkan Gapeka 2019. KA ini membawa rangkaian kereta kelas eksekutif dan ekonomi serta melayani relasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi PP. Total kapasitas dari KA ini adalah 150 kursi untuk kelas eksekutif dan 636 kursi untuk kelas ekonomi.

Harga tiket yang ditetapkan untuk KA Dharmawangsa kelas eksekutif adalah Rp350 ribu-Rp480 ribu. Sementara untuk kelas ekonomi, harga tiket yang ditetapkan adalah sebesar Rp150 ribu-Rp160 ribu. Pemesanan tiket juga telah dilayani sejak 1 November 2019 lalu melalui kanal penjualan resmi PT KAI.

Menurut jadwal, KA Dharmawangsa menempuh waktu perjalanan selama 11 jam 5 menit dari Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi. KA diberangkatkan dari Pasar Senen pada pukul 08.25 WIB dan tiba di Surabaya Pasar Turi pada 19.30 WIB. Selama perjalanannya, KA ini akan berhenti di sejumlah stasiun seperti Pegadenbaru, Cirebon Prujakan, Brebes, Tegal, Pekalongan, Weleri, Semarang Tawang, Randublatung, Bojonegoro, Babat, dan Lamongan.

Dirut PT KAI Edi Sukmoro berharap, dengan diluncurkannya KA Dharmawangsa ini, maka kebutuhan pengguna KA untuk menuju wilayah Jateng dan Jatim dapat terpenuhi. Selain itu, minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi KA juga meningkat setelah diluncurkannya KA ini.

Sebelumnya, PT KAI juga telah meluncurkan 2 KA terbarunya pada Minggu (1/12/2019) seiring dengan diberlakukannya Gapeka 2019 per 1 Desember 2019. Kedua KA tersebut adalah KA Sancaka Utara relasi Surabaya Pasar Turi-Kutoarjo PP dan KA Anjasmoro Ekspres relasi Jombang-Pasar Senen PP.

Peluncuran KA Sancaka Utara dilakukan oleh Wagub Jatim Emil Dardak di peron Stasiun Surabaya Pasar Turi. Sementara, KA Anjasmoro Ekspres dilepas di peron Stasiun Jombang pada hari yang sama.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: