PT KAI Luncurkan KA Angkutan Limbah B3 Pertama di Indonesia

Foto: Pemberangkatan perdana KA Limbah di Stasiun Kalimas (Tempo.co)

Thecocopost.id-Surabaya. PT KAI meluncurkan KA Angkutan Limbah pertama di Indonesia. Peluncuran perdana KA ini diresmikan oleh Direktur Keselamatan dan Kemanan PT KAI Apriyono Wedi Chresnanto dan didampingi oleh Direktur Lalu Lintas dan Perkeretaapian Kemenhub Zulmafendi dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Stasiun Kalimas pada Kamis (9/8/2018).

Rangkaian KA Angkutan Limbah ini terdiri atas 10 gerbong datar dengan kapasitas hingga 360 ton yang akan diberangkatkan dari Stasiun Kalimas menuju Stasiun Nambo dalam operasional perdananya. Rencananya KA ini akan dioperasionalkan secara reguler dua kali dalam seminggu dengan kapasitas 180 ton tiap pemberangkatan.

Untuk operasional KA Angkutan Limbah ini, operator yang ditunjuk adalah salah satu anak usaha PT KAI yaitu PT KALOG. Perusahaan tersebut bertanggung jawab untuk mengangkut kontainer limbah dari PT PPLI, serta kegiatan bongkar muat di stasiun. Limbah yang diangkut dengan KA ini adalah jenis limbah yang perlu penanganan khusus namun dengan risiko rendah.

Untuk memastikan operasional KA ini sudah memenuhi aspek keamanan, PT KAI bersama PT KALOG telah menyediakan gerbong kabin khusus dalam rangkaian angkutan yang dikawal oleh personel bersertifikasi penanganan limbah dari PT KAI, PT KALOG, dan PPLI. Personel ini bertugas melakukan pemeriksaan di lima stasiun pemberhentian, yakni Stasiun Cepu, Stasiun Semarang, Stasiun Tegal, Stasiun Cirebon, dan Stasiun Tanah Abang. Selain itu, ada pula tim tanggap darurat yang disiagakan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Di Stasiun Kalimas dan Stasiun Nambo juga telah tersedia emergency shelter dengan fasilitas tool kit untuk penanganan limbah.

Sebelum peresmian KA angkutan limbah ini PT KAI bersama PT KALOG juga telah melakukan uji coba statis dan dinamis untuk mengevaluasi kesiapan dan implementasi dari SOP yang ada. Kegiatan uji coba dipantau langsung oleh perwakilan DJKA Kemenhub RI dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: