PT KAI Daop VII Madiun Tutup Dua Perlintasan Liar

Thecocopost.id-MADIUN, INDONESIA. PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI) Daerah Operasional (Daop) VII Madiun melakukan penutupan dua perlintasan liar di wilayah kerjanya untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api (KA).

Manajer Humas PT KAI Daop VII Madiun Ixfan Hendriwintoko mengatakan, pada Senin (12/8/2019), bahwa penutupan dua jalur liar ini dilakukan karena rawan kecelakaan dan membahayakan perjalanan KA serta pengguna jalan lain.

Dua perlintasan liar yang ditutup adalah jalur KA di petak jalan antara Jombang-Sembung di Desa Tanggungan dan di Desa Glagahan.

Kedua perlintasan yang ditutup berada di Kabupaten Jombang, atau lebih tepatnya di KM 87+258 dan KM 86+645.

Penutupan ini telah sesuai dengan aturan yang berlaku, yaitu Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perekeretaapian, pasal 91 sampai dengan 94.

Pasal-pasal tersebut mengatur tentang perlintasan sebidang jalur KA, mulai dari perizinan, pengerjaan, sampai larangannya.

Ketika dilakukan penutupan, kondisi perlintasan sebidang luar tersebut ada yang diaspal ataupun dicor beton.

Hal ini mempersulit tim dalam menyelesaikan proses penutupan.

Tim ini terdiri atas regu jalan rel dan Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska).

Dengan penutupan perlintasan liar tersebut, diharapkan masyarakat sekitar mulai memahami aturan yang berlaku dan menyadari perlintasan liar tak berpintu sangat berbahaya.

Hal ini sekaligus sebagai upaya mencegah dan mengurangi kasus kecelakaan yang melibatkan KA di wilayah PT KAI Daop VII Madiun.

(ldr)

Hits: 5

Bagikan:

Lugas Destra Rumpakaadi

Hanya seorang mahasiswa dan penulis lepas. Hobi baca, foto, jalan-jalan random demi kalian semua yang kangen tulisanku.

Tinggalkan Balasan