PT KAI Daop VI Tingkatkan Fasilitas KA Prameks

Thecocopost.id-SOLO, INDONESIA. PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI) Daerah Operasional (Daop) VI Yogyakarta akan meningkatkan fasilitas Kereta Api (KA) Prambanan Ekspres (Prameks). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan para penumpang KA ini.

Berdasarkan keterangan Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop VI Yogyakarta Eko Purwanto, hingga akhir tahun ini pihaknya memprogramkan seluruh KA lokal, termasuk Prameks, akan diberi fasilitas pendingin ruangan (Air Conditioner/AC).

Selain pemberian fasilitas AC, PT KAI Daop VI Yogyakarta juga akan menyeragamkan warna cat eksterior pada KA Prameks menjadi warna putih. Saat ini, cat eksterior KA Prameks sangat beragam, seperti motif batik, kuning, dan merah-putih.

Peningkatan fasilitas KA Prameks dilakukan sejalan dengan peningkatan jumlah pengguna jasa KA ini. Jumlah pengguna KA ini naik signifikan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2016, jumlah pengguna KA ini adalah 2.973.891 penumpang. Kemudian di 2018, jumlahnya naik menjadi 3.940.671 orang.

Terhitung dari awal tahun hingga Agustus 2019, jumlah pengguna jasa KA Prameks telah menyentuh angka 2.537.023 penumpang. Diperkirakan jumlah ini masih terus akan bertambah hingga akhir tahun ini. Hal ini dikarenakan peminat KA Prameks yang masih akan terus meningkat.

KA Prameks relasi Kutoarjo-Solo PP ini melakukan 21 perjalanan setiap harinya. Total, ada 4 armada yang digunakan untuk KA ini. Jumlah penumpang yang diangkut sebanyak 150%, dengan rincian 100% penumpang duduk dan 50% lainnya berdiri.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: