PT KAI Daop IX Jember Siapkan Tambahan Kereta Penumpang dari Bali

Foto: KA Mutiara Timur tiba di Stasiun Jember (Medcom.id)

Thecocopost.id-Banyuwangi. PT KAI Daop IX Jember akan menambahkan pengoperasian KA untuk relasi Banyuwangi-Surabaya. Penambahan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi erupsi Gunung Agung di Bali.

Lukman Arif, Manajer Humas PT KAI Daop IX Jember mengatakan, KA tambahan akan mulai dioperasikan pada 1 Juli 2018. Menurutnya, animo masyarakat yang menggunakan jasa angkutan KA masih tinggi walaupun masa angkutan Lebaran 2018 telah berakhir.

“PT KAI akan mengoperasikan KA Mutiara Timur Tambahan,” kata Lukman pada Sabtu (30/6), dikutip dari Medcom.id.

Hingga 1 Juli 2018, tiket KA Mutiara Timur terjual habis. Selain itu, pengoperasian KA Mutiara Timur bertujuan untuk mengantisipasi dampak erupsi Gunung Agung. Jika beberapa penerbangan di Bali dibatalkan, maka masyarakat dimungkinkan akan menggunakan transportasi lain.

Dampak dari erupsi Gunung Agung berpotensi mengakibatkan beberapa penerbangan ke Bali ditutup. Akibatnya, masyarakat tidak dapat menggunakan moda transportasi pesawat. Sehingga warga akan menggunakan transportasi darat dengan menyeberang melalui Pelabuhan Gilimanuk menuju ke Banyuwangi kemudian menggunakan penerbangan terdekat.

Lukman mengatakan, KA tambahan yang disediakan adalah kelas eksekutif relasi Banyuwangi Baru-Surabaya Gubeng yang akan diberangkatkan pada pukul 07.40 dan 19.10 WIB. Sedangkan untuk relasi Surabaya Gubeng-Banyuwangi Baru akan diberangkatkan pada pukul 07.40 dan 19.35 WIB. Rangkaian KA ini terdiri atas 7 kereta kelas eksekutif dan berkapasitas 350 tempat duduk. Pengoperasian KA tersebut akan dimulai pada 1 Juli 2018. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: