PT KAI Daop IX Jember Kembalikan Bea Pemesanan Tiket Secara Penuh

KA Malioboro Ekspres di Stasiun Yogyakarta (Instagram/Muhammad Naufal)

Thecocopost.id-PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) IX Jember mengeluarkan kebijakan untuk mengembalikan bea pemesanan tiket secara penuh. Calon penumpang yang telah memesan tiket untuk perjalanan mulai 23 Maret hingga 29 Mei 2020 akan mendapatkan pengembalian bea sebesar harga tiket yang dipesan.

Dalam kondisi normal PT KAI Daop IX Jember menerapkan pengembalian bea tiket yang dipesan sebesar 75 persen dari harga tiket yang dipesan. Namun, dengan diperpanjangnya masa tanggap darurat virus corona (COVID-19) hingga 29 Mei 2020, maka PT KAI Daop IX Jember memutuskan untuk mengembalikan bea pemesanan sebesar 100 persen.

Proses pembatalan tiket dapat dilakukan di loket pembatalan stasiun yang ditentukan maupun menggunakan aplikasi KAI Access. Pengembalian uang akan dilakukan dalam 30 hingga 45 hari setelah pembatalan dan dapat dikembalikan melalui tunai atau transfer sesuai keinginan penumpang.

Bagi penumpang yang ingin melakukan pembatalan melalui loket stasiun, PT KAI Daop IX Jember menunjuk stasiun berikut ini untuk memproses pembatalan:

  1. Stasiun Ketapang.
  2. Stasiun Kalibaru.
  3. Stasiun Jember.
  4. Stasiun Probolinggo.
  5. Stasiun Pasuruan.

Sementara itu, penumpang rombongan yang telah menyerahkan uang muka bisa mengajukan pengembalian uang muka apabila ingin membatalkan perjalanan. Proses pengajuan pengembalian dilakukan di kantor PT KAI tempat transaksi sebelumnya dilakukan. Persyaratannya melampirkan surat permohonan pembatalan yang dilengkapi nomor rekening pemohon untuk mengembalikan uang muka.

Kemudian, bagi penumpang rombongan yang belum mencetak tiket, PT KAI memberikan kesempatan untuk mengajukan proses perubahan jadwal perjalanan. Namun, proses ini akan dilakukan sesuai dengan ketersediaan KA pengganti dan tempat duduknya.

Selain menerapkan kebijakan pengembalian bea secara penuh, PT KAI Daop IX Jember juga telah menerapkan social distancing di stasiun-stasiunnya. Kemudian, melakukan pengecekan suhu tubuh calon penumpang yang akan naik KA dan menyediakan hand sanitizer di stasiun. KA lokal Pandan Wangi relasi Ketapang-Jember PP juga dibatasi kapasitas angkutnya untuk mendukung penerapan social distancing yang dilakukan.

(ldr)


Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

%d blogger menyukai ini: