PT KAI Berikan Kesempatan Luas untuk Masyarakat Menikmati KA Wisata

Foto: Totok Suryono dan jajarannya (www.bisnissyariah.co.id)

Thecocopost.id-Jakarta. Presdir PT KAI Pariwisata, Totok Suryono mengatakan, KA wisata pada mudik Lebaran 2018 akan diprioritaskan pada jenis KA Priority dengan pola FIT atau perseorangan.

“Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sekarang lebih banyak ke FIT. Jadi kami membuka kesempatan yang luas bagi masyarakat di berbagai lapisan yang ingin menikmati KA wisata,” kata Totok di Jakarta Senin (4/6), dikutip dari laman Liputan6.com.

Totok menyebutkan, hal ini turut berdampak kepada slot KA wisata yang cenderung masuk ke pola FIT. Karena itu, Totok menambahkan, jumlah kereta sewaan yang disiapkan pada mudik Lebaran ini jumlahnya berkurang dari 38 unit menjadi 22 unit.

Totok juga mengatakan, pihaknya sudah menyediakan KA wisata pola FIT secara reguler di rute Gambir-Bandung.

“Yang ke Bandung ini jalan tiap hari. Bandung sehari jumlahnya 240 penumpang yang PP untuk 8 kali perjalanan. Itu dari sisi jumlah terhitung tertinggi,” kata Totok, dikutip dari laman Liputan6.com.

KA wisata pola sewaan pada masa angkutan Lebaran ini akan banyak dipesan pihak keluarga. Pada hari biasa, KA ini lebih banyak dipakai oleh perusahaan.

“Itu bisa dipesan oleh keluarga, teman 1 alumni, atau 1 kampung. Kalau hari biasa ya korporasi, ada juga sebagian yang keluarga,” tutup Totok, dikutip dari laman Liputan6.com.

Tiket KA Wisata Mudik 2018 Ludes

Direktur Operasional dan Administrasi PT KA Wisata, Sunarjo mengatakan, PT KA Wisata sudah mulai menjual pola FIT sejak 3 bulan sebelum Lebaran, saat ini pola perjalanan itu sudah terjual habis.

“Total perjalanan untuk tahun ini ada 306 perjalanan, baik jarak pendek, menengah, dan jauh. Total penumpangnya 8.736 orang,” kata Sunarjo di Stasiun Gambir pada Senin (4/6), dikutip dari laman Liputan6.com.

Jumlah penumpang tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya ada 14 perjalanan dengan 418 penumpang. Pola FIT yang diluncurkan PT KA Pariwisata ini diluncurkan pada masa Lebaran 2017. Sedangkan untuk pola sewa sudah dilaksanakan sejak 9 tahun yang lalu.

Pihak PT KA Pariwisata sendiri sudah mempersiapkan 7 rute perjalanan dengan pola FIT dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir, yaitu pada KA Argo Parahyangan Priority (Gambir-Bandung), KA Argo Sindoro Priority (Gambir-Semarang Tawang), KA Taksaka Malam Priority (Gambir-Yogyakarta), KA Argo Lawu Priority (Gambir-Solo Balapan), KA Sembrani Priority (Gambir-Surabaya Pasar Turi), KA Bangunkarta Priority (Gambir-Surabaya Gubeng), dan KA Gajayana Priority (Gambir-Malang).

Tarif perjalanan FIT yang termurah adalah rute Gambir-Bandung yaitu seharga Rp 300 ribu. Sedangkan yang termahal adalah rute Gambir-Malang yang mencapai Rp 1,1 juta hingga Rp 1,2 juta. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: