PT KAI Beri Tanggapan Video Pesta Pernikahan di Rel KA

Foto: Video viral pesta pernikahan di rel kereta api yang viral di media sosial Instagram (www.instagram.com/newdramaojol.id)

Thecocopost.id-Banyuwangi. Salah satu akun bernama @newdramaojol.id mengunggah sebuah video yang memperlihatkan pesta pernikahan yang digelar di atas rel kereta api. Video yang disebar di media sosial Instagram ini telah menjadi viral setelah ditonton lebih dari 713 ribu kali dan 4 ribu komentar dari warganet.

Video yang viral tersebut memperlihatkan kursi untuk para undangan pesta pernikahan yang telah ditata berjajar di tepi rel kereta. Saat pesta berlangsung, terlihat sebuah lokomotif yang bergerak di rel kereta api tersebut, tidak jauh dari lokasi pesta pernikahan.

Video tersebut mengundang beragam komentar dari warganet, mulai dari rasa takjub hingga mempertanyakan lokasi pengambilan video. Namun, ada pula warganet yang memberikan informasi bahwa video ini sudah pernah beredar tahun lalu.

Beredarnya video viral ini kemudian direspon oleh pihak PT Kereta Api Indonesia (Persero) saat dihubungi oleh Kompas.com. Agus Komarudin, Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengatakan, peristiwa ini sudah terjadi beberapa tahun lalu di sekitar Balai Yasa Pengok, Yogyakarta.

Agus juga menjelaskan jika jalur yang digunakan di pesta pernikahan itu adalah jalur buntu dan tidak dilalui oleh lokomotif  yang akan melakukan perbaikan ataupun perawatan di Balai Yasa Pengok. Sementara itu, lokomotif yang terlihat dalam video tersebut adalah lokomotif yang sedang parkir.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) sendiri telah mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di atas jalur kereta api meskipun jalur tersebut adalah jalur buntu setelah adanya kegiatan itu beberapa tahun yang lalu. Selain itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga akan melakukan penertiban apabila diketahui ada warga yang melakukan aktivitas di jalur rel kereta api.

Sebagai informasi, aktivitas di atas jalur rel kereta api yang tidak semestinya dilakukan adalah kegiata ilegal dan membahayakan. Hal tersebut telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: