PT KAI Akan Investasi Pada Proyek Reaktivasi Jalur di Jawa Barat

ILUSTRASI. Kereta Pangrango jurusan Sukabumi-Bogor

Thecocopost.id-Jakarta. PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) akan lakukan investasi pada proyek reaktivasi jalur rel di Jawa Barat. Konsesi diberikan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada PT KAI. Pengembangan juga akan dilakukan oleh PT KAI.

Kemenhub juga memberikan kewenangan kepada PT KAI untuk melakukan kerja sama. Kerja sama yang dilakukan adalah membuat kawasan berbasis transit Transit Oriented Development (TOD).

Kewenangan tersebut dapat digunakan oleh PT KAI untuk bekerja sama dengan pihak lain yang sesuai dengan kriteria. TOD sendiri akan digunakan untuk fungsi pelayanan kereta api di Sukabumi.

Menurut Kemenhub Budi Karya Sumadi, reaktivasi jalur ini dilakukan dengan melihat nilai ekonomi. Secara aktual, jalur yang direaktivasi memiliki nilai ekonomis sehingga dilakukan investasi segera.

Nilai ekonomis pada salah satu jalur yang diaktivasi (Sukabumi), terlihat dari sektor pariwisatanya. Sehingga industri yang akan dikembangkan akan mengarah pada industri wisata bukan industri berat. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: