PT INKA Siap Produksi KA Cepat Surabaya-Jakarta

Foto: Ilustrasi KA Cepat (www.cnbcindonesia.com)

Thecocopost.id-Jakarta. Penggunaan komponen dalam negeri untuk proyek kereta cepat Surabaya-Jakarta tengah diupayakan oleh pemerintah saat ini. Menanggapi hal tersebut, Dirut PT INKA Budi Noviantoro menyatakan pihaknya siap apabila pemerintah meminta PT INKA untuk memproduksi kereta dalam proyek kereta cepat tersebut.

Lebih lanjut, Budi mengatakan jika PT INKA sendiri belum mampu membuat kereta cepat sendiri. Namun, PT INKA akan melakukan joint manufacture bersama pabrikan kereta cepat yang ada di China dan Jepang.

MoU (nota kesepahaman) dengan pabrik kereta cepat di China juga sudah ada, namun belum ada realisasi dari nota kesepahaman tersebut. Hal ini disadari oleh pihak PT INKA lantaran pembuatan kereta cepat membutuhkan biaya penelitian dan pengembangan yang begitu besar sehingga tidak mungkin pabrikan kereta cepat memberikan teknologinya secara serta merta kepada PT INKA.

Sementara itu, PT INKA saat ini baru bisa memproduksi kereta semi cepat saja. Harga yang dipatok untuk produksi kereta semi cepat ini adalah Rp 285 milyar per trainset (10 kereta). Sebagai pembanding, di Australia untuk harga kereta semi cepat adalah Rp 792 milyar dengan spesifikasi sama dengan lintas Surabaya-Jakarta, yakni menggunakan lebar sepur 1.067 mm.

PT KAI selaku operator kereta api di Indonesia juga telah berencana memesan 10 trainset kereta semi cepat kepada PT INKA. Namun, rencana ini masih terkendala persiapan sarana dan prasarananya seperti banyaknya pintu perlintasan yang masih belum sepenuhnya tersedia sehingga masih rawan kecelakaan. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: