PT INKA Produksi LRT Pesanan PT KAI Senilai Rp 3,9 Triliun

LRT Palembang yang diproduksi PT INKA (Persero). (SURYA/Rahadian Bagus Priambodo)

Thecocopost.id-MADIUN. PT Industri Kereta Api (Persero/INKA) mendapatkan pesanan trainset Light Rail Transit (LRT) dari PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI) senilai Rp 3,9 triliun untuk trayek Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Jumlah total kontrak yang diterima PT INKA sebanyak 31 trainset.

Trainset yang dipesan PT KAI ini berbeda dari segi teknologi apabila dibandingkan dengan trainset yang digunakan untuk LRT Palembang. Perbedaannya adalah, LRT Jabodetabek ini tidak akan menggunakan tenaga masinis (driverless).

Hal itu disampaikan langsung oleh Manajer Humas dan Protokoler PT INKA, Bambang Primadani. Dia juga menyampaikan, saat ini PT INKA tengah dalam proses pengadaan komponen dan material untuk pembuatan trainset LRT itu.

Selain perbedaan teknologi, LRT Jabodetabek ini akan mengalami pengembangan dan penyempurnaan kembali dibandingkan dengan LRT Palembang. Setiap trainset LRT Jabodetabek akan terdiri atas 6 kereta yang mampu melaju hingga 100 km/jam.

Pembuatan LRT driverless ini adalah komitemen Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tergabung dalam konsorsium.

Sebagai informasi, proyek ini menggandeng beberapa vendor dari Eropa. Untuk bahan baku pembuatan LRT sendiri tetap akan mengoptimalkan sumber daya yang ada di dalam negeri. Apabila komponen dan material sudah siap, akhir tahun 2018 ini akan dimulai proses pengerjaan dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2019. (ldr)

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul PT INKA Produksi LRT Jabodebek Tanpa Masinis Pesanan PT KAI. Nilainya Rp 3,9 Triliun.

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: