PT INKA Ekspor KA ke Filipina

Foto: Salah satu gerbong kereta api pesanan buatan PT INKA (oleh surabaya.tribunnews.com)

Thecocopost.id-Jakarta. PT Industri Kereta Api (Persero) akan mengekspor produk kereta api buatannya ke Filipina. Kereta api yang akan diekspor ini bernilai US$ 47,5 juta atau Rp641,25 miliar.

Proses penandatanganan kontra jual beli kereta api ini telah dilakukan oleh pihak PT Industri Kereta Api (Persero) dengan Philippines National Railway pada Senin (28/5) di Kota Manila, Filipina dan disaksikan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno. Kontrak jual beli tersebut berisi pembelian empat trainset Kereta Rel Diesel (Diesel Multiple Unit) senilai US$ 21,4 juta dan pembelian tiga unit lokomotif serta 15 kereta penumpang dengan nilai US$26,1 juta.

Dikutip dari laman CNBC Indonesia, Rini Soemarno mengatakan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara akan mendukung PT Industri Kereta Api (Persero) untuk melebarkan sayap bisnisnya.

Untuk diketahui sebelumnya, pada 22 Januari 2018, PT Industri Kereta Api (Persero) dan Philippines National Railway telah menandatangani kontrak jual beli dua trainset Kereta Rel Diesel senilai US$ 9,7 juta. Pengiriman rangkaian kereta api ini akan dilakukan secara bertahap pada 18 Januari 2020 dan 27 Mei 2020. Rencananya, Kereta Rel Diesel produksi PT Industri Kereta Api (Persero) ini akan dioperasikan di jalur Tutuban Station dan Alabang Station. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: