Proyek KA Cepat Jakarta-Bandung Diperkirakan Mencapai Progress 40% di Akhir Tahun 2019

Thecocopost.id-JAKARTA, INDONESIA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan pembangunan kereta api (KA) cepat Jakarta-Bandung terus dikebut. Hingga akhir tahun progress pembangunan kontruksi KA cepat Jakarta-Bandung ditargetkan sebesar 40 persen.

Zulfikri, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub mengatakan, hingga saat ini pembangunan kontruksi masih 23 persen. Sementara untuk lahan yang digunakan untuk pembangunan konstruksi ini telah mencapai 98 persen.

Terdapat beberapa lahan masih belum ada dibebaskan. Lahan ini berada di kawasan industri Karawang.

Rencananya, pembangunan kereta cepat ini akan memiliki beberapa terowongan. Ini dikarenakan lokasi pembangunan yang berada di perbukitan, sehingga perlu menembus kawasan perbukitan tersebut. Namun, masih belum diketahui secara pasti lokasi terowongan pada jalur KA Cepat ini. Yang pasti, jumlahnya ada delapan terowongan.

KA Cepat Jakarta-Bandung akan memiliki empat stasiun yakni Halim, Karawang, Walini dan Tegal Luar yang membentang sepanjang 142,3 kilometer. Dari Stasiun Tegal Luar, rencananya akan dibangun akses kereta menuju Stasiun Bandung. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengguna kereta api cepat menuju Kota Bandung.

Targetnya, pada 2021 KA Cepat ini sudah bisa dioperasikan.

(ldr)


Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

%d blogger menyukai ini: