Presiden Jokowi Resmikan KA BIM

Foto: Petugas mengecek kondisi Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) Bandara Internasional Minangkabau (BIM), seusai membuka pembungkus terpal, di Stasiun Simp Haru, Padang, Sumatera Barat, Jumat (23/2). KRDE dengan nama “Minangkabau Ekspress” yang berkapasitas maksimal 589 penumpang itu sementara disimpan di dipo lokomotif dan akan dilakukan ujicoba pada Senin (26/2) (oleh nasional.republika.com).

Thecocopost.id-Kota Padang. Presiden RI Jokowi meresmikan KA BIM di Padang pada Senin (21/5). KA BIM ini merupakan kereta berjenis Railbus yang diproduksi oleh PT INKA (Persero).

Satu rangkaian KA Minangkabau Ekspres ini terdiri atas empat kereta berkapasitas 393 orang penumpang baik yang duduk maupun berdiri. Selama 40 menit waktu perjalanan dari Kota Padang ke BIM, penumpang dapat menikmati fasilitas-fasilitas yang disediakan yaitu AC, TV, dan stopkontak di KA ini. Seperti KA Bandara pada umumnya, KA Minangkabau Ekspres dilengkapi rak atau keranjang sebagai bagasi penumpang.

KA Minangkabau Ekspres juga mengakomodir penumpang berkebutuhan khusus. Hal ini terlihat dengan disediakannya area untuk penumpang berkursi roda di dalam kereta.

Masyarakat dapat menikmati layanan KA ini hanya dengan membayar Rp5.000,00 saja untuk relasi Padang-Tabing, Padang-Duku, dan Tabing-Duku. Sedangkan untuk relasi Padang-BIM, Tabing-BIM, dan Duku-BIM, dipatok tarif sebesar Rp10.000,00. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: