PLH KA Sancaka, 2 Tewas di TKP

Thecocopost.id-Ngawi. Peristiwa Luar Biasa Hebat (PLH) terjadi di jalur perlintasan tak berpintu di Desa Sambirejo, Mantingan, Ngawi. KA Sancaka yang saat itu membawa 450 penumpang menabrak trailer bermuatan bantalan rel proyek double track. PLH tersebut terjadi pada hari Jumat (6/4) pukul 18.25 WIB.

Dikutip dari website RE-Digest, PLH ini melibatkan truk trailer dengan beberapa rangkaian KA Sancaka yaitu lokomotif CC 201 83 49 milik Dipo Sidotopo (Daop VIII Surabaya), kereta pembangkit P 0 95 08 yang berada di belakang lokomotif, dan kereta kelas eksekutif K1 0 99 06. Kondisi lokomotif ringsek dan terguling, kereta pembangkit anjlok melintang, dan kereta kelas eksekutif dalam kondisi anjlok dan mengalami kerusakan.

Akibat dari PLH tersebut, masinis KA Sancaka, Mustofa (dikutip dari harian Jawa Pos) tewas di lokasi. Sedangkan Hendra Wahyudi, asisten masinis KA Sancaka mengalami luka parah. Jasad masinis yang terjepit berhasil dievakuasi pada pukul 22.00 WIB, sementara asisten masinis langsung dibawa ke RS terdekat.

Sekitar pukul 22.30 WIB ditemukan juga 1 korban tewas di lokasi. Korban tewas tersebut adalah penjaga proyek double track yang sedang berjaga di lokasi.

Evakuasi pada KA Sancaka masih terus dilakukan lantaran kondisi lokomotif yang terguling. Selain itu, evakuasi juga dilakukan pada 1 kereta pembangkit, dan 1 kereta penumpang yang anjlok. Evakuasi dilakukan dengan bantuan crane dari Daop VI Yogyakarta.

Korban selamat, yaitu penumpang KA Sancaka yang berjumlah 450 orang langsung dievakuasi dan diarahkan menuju ruas tol Ngawi-Solo yang berjarak 500 meter dari TKP. Penumpang tersebut akan dievakuasi dengan bus.

Menurut keterangan saksi (dikutip dari harian Jawa Pos), Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto Jatmiko yang saat itu berada di kereta 5 mengatakan, saat itu dia sedang merekam anak kembarnya yang sedang bermain gawai. Tiba-tiba terjadi benturan sebanyak 4 kali dan lampu di kereta mendadak mati. Kemudian, banyak penumpang lain yang panik berlarian dan berebut keluar dari kereta. Dia juga melihat kondisi lokomotif yang sudah ringsek dan terguling.

Hingga berita ini diterbitkan, sopir truk trailer diduga kabur dari TKP karena tidak ditemukan di dalam kabin. (ldr)

Sumber gambar: website re-digest

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: