Pesawat Penjemput WNI dari Wuhan Disterilkan

Airbus A330-300 milik Batik Air yang digunakan untuk menjemput WNI di Wuhan (Medcom.id)

MALANG (INDONESIA), Thecocopost.id-Pesawat jenis Airbus A330-300 CEO dengan nomor registrasi PK-LDY (Papa Kilo Lima Delta Yankee) disterilkan. Sterilisasi tersebut dilakukan setelah pesawat tersebut menjalankan misi kemanusiaan untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan pada Sabtu (1/2/2020) lalu.

Pesawat milik Batik Air, salah satu anak perusahaan Lion Air, itu sebelumnya dipilih untuk menjemput WNI yang berada di Wuhan, China. Maskapai itu ditunjuk karena imbauan otoritas China untuk menggunakan maskapai yang telah memiliki slot penerbangan menuju Wuhan.

Setelah melakukan proses penjemputan, pesawat tersebut langsung menjalani proses pembersihan, sterilisasi, penyemprotan, penggantian filter udara kabin, dan perawatan berkala. Penyemprotan dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Batam selama 2 jam (120 menit) pada bagian kabin, kokpit, dan kompartemen kargo di bagian bawah pesawat.

Usai dilakukan proses tersebut, High Efficiency Particulate Air (HEPA) atau filter udara dalam pesawat juga dilakukan penggantian. Penggantian tersebut merupakan anjuran Airbus karena HEPA efektif dalam menjaring virus dalam sirkulasi udara kabin.

HEPA yang telah dilepas, dibungkus dengan pembungkus khusus dan diserahkan kepada pihak berwenang untuk dimusnahkan (dibakar). Pesawat yang sudah steril kemudian ditarik menuju hangar Batam Aero Technic untuk melakukan perawatan berkala.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: