Pesawat Garuda Indonesia Alami Taxiway Incursion di Bandara Soekarno-Hatta

Pinterest

Thecocopost.id-TANGERANG, INDONESIA. Dua pesawat milik maskapai flag carrier Garuda Indonesia mengalami Taxiway Incursion pada Kamis (12/12/2019) siang. Kejadian tersebut terjadi di taxiway Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Pesawat yang hampir beradu tersebut adalah milik Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-264 yang akan take off dan GA-649 yang baru tiba dari Ternate. Tipe pesawat diketahui CRJ1000 dengan nomor registrasi PK-GRR dan Boeing 737 NG dengan nomor registrasi PK-GMH.

Menurut Kepala Otoritas Bandara Soekarno Hatta, kejadian tersebut bermula ketika GA 649 dari Ternate akan mendarat. Pesawat tersebut telah menerima instruksi dari ATC untuk masuk jalur NC3. Hal tersebut (instruksi ATC) juga dibenarkan oleh Manajer Humas Airnav Bandara Soekarno Hatta.

Pilot tidak mendengarkan instruksi dan masuk di jalur NP2. Di saat yang bersamaan, GA-264 yang akan melakukan take off menuju Banyuwangi, telah berada di jalur yang sama sehingga kedua pesawat dalam kondisi berhadapan.

Sementara itu, pihak Garuda Indonesia melalui Direktur Operasinya mengungkapkan penyebab dari kedua pesawat yang hampir bertabrakan di Bandara Soekarno Hatta. Kejadian tersebut disebabkan oleh penerimaan komunikasi yang kurang baik oleh pilot.

Penerimaan yang kurang baik itu disebabkan karena cuaca di bandara yang buruk ketika GA-649 mendarat. Lebih lanjut, seluruh penumpang beserta awak kabin dari pesawat yang salah jalur itu juga dalam keadaan baik.

Akibat insiden tersebut, GA-649 ditarik keluar jalur NP2 dengan pushback car, sementara GA-264 melanjutkan take off. Pihak otoritas bandara tengah melakukan investigasi atas kejadian ini.

Selain otoritas bandara, pihak Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub juga akan melakukan investigasi lebih lanjut atas insiden tersebut. Pihak Kemenhub akan memanggil ATC serta pilot yang bertugas.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: