Peresmian Monumen MPJR di Daop III Cirebon

Thecocopost.id-CIREBON, INDONESIA. Pada peringatan Hari Pahlawan, Minggu (10/11/2019), Dirut PT KAI Edi Sukmoro meresmikan monumen MPJR VDM 800 GS. Monumen tersebut berada di halaman depan Kantor Pusat PT KAI Daop III Cirebon.

Edi menyampaikan bahwa pembangunan monumen ini dilatarbelakangi sebagai wujud apresiasi dan mengenang beroperasinya MPJR VDM 800 GS di wilayah kerja perkeretaapian Indonesia.

Monumen MPJR VDM 800 GS juga sebagai simbol bahwa PT KAI siap dengan prasarana jalan rel yang andal, untuk mendukung kelancaran dan keselamatan perjalanan KA.

Berdirinya monumen ini diharapkan bisa menjadi penyemangat jajaran PT KAI untuk selalu kuat, kokoh dan optimis dalam meningkatkan kehandalan dan kecepatan prasarana KA. Serta, terus berinovasi untuk kemajuan perusahaan.

Monumen MPJR ini adalah yang pertama ada di Indonesia. Acara peresmian monumen ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Dirut PT KAI beserta jajaran Direksi KAI lainnya.

Dirut PT RMU, M. Sahli juga turut menandatangani prasasti tersebut. Penandatanaganan disaksikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Abdullah Syukur yang mewakili Walikota Cirebon beserta jajaran Daop III Cirebon.

MPJR VDM 800 GS, yang digunakan sebagai monumen, telah beroperasi selama 22 tahun. Tercatat pada tahun 2010 lalu, VDM 800 GS ini dinyatakan sudah tidak beroperasi dan berada di emplasemen Balai Yasa Mekanik Cirebon Prujakan.

Pihak PT KAI Daop III Cirebon kemudian berinisiatif menjadikannya sebagai monumen. Diharapkan, monumen tersebut juga menjadi salah satu ikon di Kota Cirebon karena posisinya yangbersebelahan dengan Balaikota Cirebon.

Adanya monumen ini dapat dijadikan sebagai sarana edukasi dan pembelajaran terkait perkeretaapian. Tidak hanya itu, harapannya monumen ini juga menjadi kebanggaan baru bagi masyarakat Kota Cirebon, sehingga mereka semakin mencintai transportasi KA.

(KAI/ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: