Perempuan dan Profesi Masinis di Indonesia

Jakartamrt.co.id

MALANG (INDONESIA), Thecocopost.id-Bulan Januari sudah berjalan lewat setengahnya. Biasanya bulan-bulan ini, ada rekrutmen yang dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Dugaan saya soal itu ternyata benar terjadi. Tepat tengah bulan ini, PT KAI memang membuka rekrutmen untuk sejumlah formasi. Mulai posisi operasional hingga pemeliharaan sarana dan prasarana.

Hanya saja, saya menemukan satu hal yang rasanya sangat menarik untuk saya bahas. Hal ini menarik karena tidak biasanya, perusahaan plat merah itu melakukannya.

Jika anda jeli mengamati rekrutmen yang dilakukan PT KAI saat ini, tentunya anda akan menemukan bahwa formasi masinis menerima kalangan perempuan. Sangat tidak biasa bukan, karena di rekrutmen-rekrutmen sebelumnya, formasi masinis selalu didominasi oleh laki-laki.

Sejauh pengetahuan saya pribadi, peran perempuan untuk profesi masinis di Indonesia memang masih jarang. Itupun baru saya temui di Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta.

Pembahasan soal masinis perempuan ini kian menarik, tak kala menjadi bahan pertanyaan bagi diri saya soal di mana nantinya dia akan berdinas. Pasalnya, ada beberapa jenis kereta yang memang dioperasikan oleh PT KAI.

Hingga saat ini, PT KAI dipercaya untuk mengoperasikan layanan kereta api (KA) Penumpang dan Barang di sepanjang pulau Jawa-Sumatera. Kemudian, ada pula Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line. Serta, Lintas Rel Terpadu (LRT) di Palembang dan lintas Jabodebek.

Untuk sementara ini, saya belum bisa menebak, di mana kira-kira masinis perempuan itu nanti berdinas. Yang jelas, tiga tahun lagi, kita akan menemui asisten masinis perempuan yang ada di kabin masinis. Empat atau lima tahun lagi, barulah kita akan menemui perempuan itu duduk di kabin masinis untuk mengantarkan kita (pengguna jasa) hingga tiba di tempat tujuan.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: