Penumpang Kereta Api Naik 2% di Semester I 2019

Thecocopost.id-JAKARTA, INDONESIA. Jumlah penumpang kereta api (KA) pada semester I 2019 mengalami kenaikan 2% dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya. Menurut Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI) Edi Sukmoro, sepanjang enam bulan ini, PT KAI telah melayani 210,7 juta penumpang sedangkan pada periode yang sama tahun lalu PT KAI hanya melayani 207 juta penumpang.

Menurut Edi, minat masyarakat untuk menggunakan transportasi KA baik untuk jarak jauh atau lokal terus menunjukkan tren positif. Hal ini didukung dengan adanya penambahan jumlah KA di beberapa rute yang juga diiringi kenaikan jumlah penumpang.

Edi mengatakan peningkatan penumpang juga terjadi pada pengguna KA wisata. Misalnya kereta carter dan kereta wisata yang dijual perorangan. Kereta mewah yang memiliki kapasitas 28 penumpang ini dirangkaikan pada beberapa kereta seperti KA Argo Parahyangan, KA Argo Muria, dan kereta api jarak jauh lainnya.

Tak hanya itu, salah satu faktor peningkatan penumpang pada semester satu tahun ini terjadi pada Masa Angkutan Lebaran 2019. Pada masa tersebut terjadi kenaikan penumpang yang signifikan, yakni sebesar 9,2% dari 6,2 juta penumpang pada 2018 menjadi 6,8 juta penumpang di 2019. Pencapaian ini telah melampaui target PT KAI yang telah ditetapkan yakni 5,6%.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: