Pembatalan Tiket di PT KAI Daop I Jakarta Bisa Secara Online

CC 201 04 07 KA Singasar (Instagram/Andra Rizqy Fadiansyah)

Thecocopost.id-Proses pembatalan tiket di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero/KAI) Daerah Operasional (Daop) I Jakarta bisa dilakukan secara online. Pembatalan online ini dilakukan untuk menghindari penumpukan penumpang yang membatalkan tiket di dua stasiun besar, yakni Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Menurut Humas PT KAI Daop I Jakarta Eva Chairunisa, pembatalan online dilakukan melalui aplikasi KAI Access. Meskipun penumpang membeli tiket melalui loket stasiun, pihaknya menegaskan, penumpang tersebut bisa melakukkan pembatalan secara online.

Syarat pembatalan tiket yang tidak dipesan secara online untuk bisa dibatalkan lewat KAI Access adalah nomor identitas yang terdaftar di aplikasi harus sesuai dengan identitas pemesan. Aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk membatalkan pesanan tiket yang masih dalam satu kode booking.

Bagi calon penumpang yang akan melakukan pembatalan tiket lewat aplikasi KAI Access, perlu dipastikan terlebih dahulu aplikasi sudah dalam versi terbaru. Sesudah di-update, calon penumpang dapat melakukan pembatalan lewat aplikasi dan mendapatkan bea pengembalian tiket secara penuh sebesar harga tiket yang dipesan.

Sementara itu, penumpang yang tidak ingin melakukan pembatalan secara online bisa langsung mendatangi loket pembatalan di stasiun yang ditunjuk. PT KAI Daop I Jakarta menunjuk delapan stasiun untuk memproses pembatalan yang masing-masing tersedia tiga loket pembatalan. Pengecualian untuk Stasiun Gambir dan Pasar Senen yang memiliki lima loket pembatalan.

Sebelumnya, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19), PT KAI Daop I Jakarta melakukan pembatasan perjalanan KA di wilayahnya. Pembatasan perjalanan tersebut dilakukan pada 19 keberangkatan KA mulai tanggal 23 Maret hingga 1 April 2020. KA yang mengalami pembatalan perjalanan adalah KA yang memiliki relasi yang sama dan waktu keberangkatannya hampir bersamaan.

(ldr)


Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

%d blogger menyukai ini: