Pembangunan Fase II MRT Jakarta Dimulai Maret 2020

Netralnews.com

JAKARTA (INDONESIA), Thecocopost.id-Pembangunan fase kedua MRT Jakarta akan dimulai pada bulan Maret 2020 mendatang. Fase kedua tersebut akan menghubungkan Bundaran HI-Jakarta Kota.

Menurut Dirut PT MRT Jakarta William Sabandar, rute MRT fase II tahap awal akan menghubungkan Bundaran HI hingga Harmoni. Proses pembangunan direncanakan mulai pada bulan Maret 2020.

Pembangunan MRT Jakarta fase kedua terbagi atas 7 paket pengerjaan yang terdiri atas:

  1. Pembangunan RSS Monas (CP200).
  2. Pembangunan konstruksi Stasiun dari Sarinah-Monas (CP201).
  3. Pembangunan Stasiun Harmoni-Mangga Besar (CP202).
  4. Pembangunan Stasiun Glodok-Kota (CP203).
  5. Pembangunan pekerjaan sistem railway (CP204).
  6. Pembangunan sistem perkeretaapian, signalling, dan komunikasi (CP205).
  7. Pengadaan kereta MRT (CP206).

Saat ini, progres fase kedua sudah sampai proses lelang CP201 yang akan mulai dikerjakan pada bulan Maret. Sambil menunggu paket CP201 dimulai, MRT Jakarta juga sedang melelang paket CP202 dan CP203. Pemenang lelang akan diumumkan dalam waktu dekat.

Sementara itu, Pemerintah Jepang dikabarkan sudah menyatakan minatnya berkolaborasi dengan pemerintah Indonesia untuk recana pembangunan MRT Jakarat fase kedua. Tidak hanya itu, melalui JICA, Jepang juga menyatakan kesediaannya untuk bekerja sama mengembangkan MRT di kota selain Jakarta jika diinginkan.

Menurut Chief Representative JICA Yamanaka Shinichi, pihaknya siap menerima kerjasama tersebut karena melihat kesuksesan dan perkembangan MRT Jakarta. Hal senada juga diungkapkan Menlu Jepang Toshimitsu Motegi yang menyatakan MRT Jakarta sebagai flagship project antara Jepang dan Indonesia.

Motegi juga menyampaikan kepuasannya atas perkembangan pesat MRT Jakarta di sisi kenaikan jumlah penumpang yang melampaui target dan mengubah budaya masyarakat Indonesia. Di samping itu, adanya MRT menurut Menteri Agraria, Infrastruktur, dan Pariwisata Jepang Kazuyoshi Akaba juga berkontribusi mengatasi kemacetan.

(ldr)

Lugas Rumpakaadi

Penggemar kereta api yang suka sambat di Twitter.

error: Artikel Ini Dilindungi
%d blogger menyukai ini: