Menhub Minta PT KAI Antisipasi Titik Rawan Bencana

Foto: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai menjadi inspektur upacara pada apel pasukan guna persiapan mudik Lebaran 2018 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (5/6/2018). (Warta Kota/Rangga Baskoro)

Thecocopost.id-Gambir. Menhub RI Budi Karya Sumadi memberikan himbauan kepada PT KAI untuk mengantisipasi daerah rawan bencana di dekat perlintasan jalur rel. Bencana-bencana yang mungkin timbul antara lain longsor, banjir, dan rel ambles.

Budi mengatakan hal tersebut pada saat menjadi inspektur upacara pada apel pasukan untuk persiapan mudik Lebaran 2018 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (5/6) kemarin.

“Ada sekitar 500 titik rawan yang meliputi banjir, ambles, dan longsor,” kata Budi usai apel di lokasi, dikutip dari laman Wartakotalive.com.

Daerah di Jawa Barat diketahui banyak memiliki titik rawan banjir dan longsor. Hal ini diperkirakan karena faktor cuaca dan curah hujan di sekitar wilayah itu.

“Di Jawa Barat seperti di Tasikmalaya, Bogor, dan Garut. Khususnya untuk antisipasi lokasi banjir dan longsor serta dampak cuaca. Terutama lintas Bogor dan Sukabumi,” kata Budi, dikuto dari laman Wartakotalive.com.

Selain daerah di Jawa Barat, beberapa daerah seperti Porong di Sidoarjo, Jawa Timur juga merupakan daerah yang rawan longsor. Meskipun begitu, masyarakat tidak perlu khawatir karena ada petugas yang disiagakan untuk menjaga perlintasan rel yang rawan bencana.

“Untuk itu, kami melakukan pengecekan rel, dan memberi catatan mengenai rekomendasinya. Begitu juga di daerah yang rawan longsor. Maka kami minta PT KAI mempersiapkan dengan baik,” kata Budi, dikutip dari laman Wartakotalive.com. (ldr)

Lugas Rumpakaadi

Suka kereta api. Penulis artikel kereta api.

%d blogger menyukai ini: